Paling Ditakuti di Hutan Amazon, Benarkah Ikan Candiru Bisa Makan Kemaluan Pria?

Ilustrasi ikan candiru (Science poto)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 14 Januari 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Ada berbagai jutaan mahluk yang tinggal di hutan Amazon. Namun, tidak ada yang lebih ditakuti selain ikan kecil satu ini yang dikenal sebagai ikan Candiru.

Sejumlah masyarakat yang tinggal kawasan Sungai Amazon memgungkapkan bahwa ikan candiru bisa masuk ke alat kelamin baik itu kemaluan pria maupun vagina dan memakan dagingnya. Tapi, ikan candiru lebih sering masuk ke dalam kemaluan.

Mengutip dari healhtline, Candiru ditemukan di wilayah Amazon Amerika Selatan dan merupakan jenis ikan lele. Panjangnya sekitar satu inci dan memiliki penampilan tipis seperti belut.

Ikan itu sebenarnya parasit. Ia menggunakan duri yang terletak di penutup insangnya untuk menempel pada insang ikan lain yang lebih besar. Setelah berada di posisi yang tepat, ia dapat memakan darah ikan lain.

Dalam sebuah laporan yang dibuat dalam bahasa Portugis tahun 1997, seorang ahli urologi Brasil mengklaim telah mengeluarkan candiru dari uretra seseorang.

Kisah Ikan Candiru yang Menyerang Kemaluan  

Laporan serangan candiru pada manusia bukanlah hal yang baru. Mereka dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Disebutkan bahwa ikan candiru tertarik dengan air seni manusia di dalam air. Ketika seseorang buang air kecil di dalam air ikan itu berenang ke dalam dan bersarang di saluran kencing orang yang tanpa menimbulkan curiga.

Ketika berada di dalam saluran kencing, ikan candiru menggunakan duri pada penutup insangnya untuk menahan posisi di tempatnya. Hal ini lah yang menyakitkan bagi manusia.

Penyerangan Ikan Candiru pada Manusia

Terlepas dari semua kisah tersebut, hanya ada sedikit bukti bahwa ikan candiru pernah menyerang saluran kencing manusia.

Kasus terbaru yang dilaporkan terjadi pada tahun 1997. Dalam sebuah laporan yang dibuat dalam bahasa Portugis, seorang ahli urologi Brasil mengklaim telah mengeluarkan candiru dari uretra seseorang.

Baca Juga: Paling Ditakuti di Hutan Amazon, Benarkah Ikan Candiru Bisa Makan Kemaluan Pria?
Fakta Unik: Ikan Napoleon Bisa Berganti Kelamin, Kok Bisa?

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2001 menemukan bahwa candiru bahkan mungkin tidak tertarik pada urin. Ketika peneliti menambahkan bahan kimia, termasuk urin manusia ke dalam tangki candiru, mereka tidak menanggapinya.

Sangat sedikit laporan tentang serangan candiru dalam literatur ilmiah atau medis. Selain itu, banyak dari laporan sejarah adalah kisah anekdotal yang disampaikan oleh penjelajah awal atau pelancong ke wilayah tersebut.

Video Terkait