5 Misteri Bawah Laut yang Hingga Kini Belum Terpecahkan

Ilustrasi jaringan kamera bawah laut. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Sabtu, 15 Januari 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Hampir seluruh daratan di bumi sudah pernah dijajaki manusia. Berbeda dengan lautan, wilayah ini masih banyak yang belum bisa dieksplorasi.

Banyak peneliti yang masih penasaran dengan isi lautan di berbagai belahan dunia. Keterbatasan manusia dalam menyelam ke dasar laut menjadi salah satu kendala untuk menyingkap misteri yang tersembunyi di dasar lautan.

Masih banyak laut di dunia yang masih belum terjamah manusia yang memungkinkan semakin hari semakin banyak misteri di bawah laut. Meski telah diteliti berulang kali, misteri itu belum juga menunjukkan titik terang. Berikut misteri laut yang belum bisa dijelaskan hingga kini:

1. Atlantis Jepang

Ketika para penyelam di Jepang sedang mencari hiu martil, tanpa sengaja mereka menemukan sesuatu yang lain. Mereka tidak sengaja menemukan sebuah monumen atau bangunan kuno di bawah air.

Sejak adanya penemuan itu, para peneliti telah berdebat tentang siapa pencipta dan kapan bangunan itu mulai dibangun.

Beberapa dari mereka berspekulasi bangunan itu terbentuk secara alami. Beberapa lainnya mengatakan jika bangunan itu memang sengaja dibuat manusia.

Penemuan Gulf of Khambhat

Pada tahun 2002, para ilmuwan menemukan arkeologis di lepas pantai India. Peninggalan itu disebut-sebut bisa menjadi bagian dari peradaban yang hilang sejak 9.000 tahun silam. Jika benar, itu mendahului struktur tua yang diketahui selama 5.000 tahun.

3. Lokomotif hilang

Pada tahun 1985, ketika Kapten Paul Hepler menyusuri dasar laut New Jersey dari kapalnya, Venture III, tampa sengaja menemukan objek yang tidak biasa.

Ternyata, dia menemukan beberapa kereta tua dalam sejarah Amerika. Sayangnya hanya sedikit yang diketahui tentang asal-usul kereta itu atau bagaimana bisa berakhir di dasar laut.

Baca Juga: 5 Misteri Bawah Laut yang Hingga Kini Belum Terpecahkan
Ilmuwan Tangkap Gambar Barreleye, Ikan di Kedalaman Laut yang Jarang Terlihat

4. Pulau Bermeja yang hilang

Selama ratusan tahun, Pulau Bermeja dapat dengan mudah ditemukan di Teluk Meksiko di dekat Semenanjung Yucatan. Namun, sekarang yang ditemukan di lokasi hanya air yang menunjukkan bahwa pulau itu menghilang. Ketika peneliti Meksiko meneliti lokasi pulau itu, mereka tidak menemukan keberadaannya. Hingga saat ini banyak sekali teori tentang keberadaan pulau itu.

5. Paus bernyanyi di kedalaman berbeda

Paus biru memang akan bernyanyi saat menarik pasangan. Namun, setelah 40 tahun terakhir, lebih dari tujuh populasi paus biru berbeda telah direkam bernyanyi pada frekuensi yang lebih dalam dari sebelumnya. Hingga saat ini para ilmuwan masih mencari alasannya, namun beberapa orang berpikir itu terkait dengan kepadatan populasi dan persaingan.

Video Terkait