Cara Membuat Pelet Maggot, Alternatif Pakan Ikan Berprotein Tinggi

Ilustrasi maggot, alternatif pakan ikan berprotein tinggi (Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 29 November 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - Maggot atau larva dari lalat black soldier fly (Hermetia illicens) merupakan salah satu alternatif pakan yang memenuhi persyaratan sebagai sumber protein. Alternatif pakan ini dapat dijadikan pakan secara langsung dalam bentuk segar ataupun dicampur bahan lain seperti dedak untuk dijadikan pelet.

Meskipun penggunaan maggot tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya bahan pakan, namun setidaknya penggunaan membuat pelet maggot dapat diaplikasikan bersama pakan komersil sehingga otomatis biaya produksi dapat ditekan tanpa mengurangi pertumbuhan ikan.

Berikut cara membuat pelet ikan maggot untuk pakan ikan, dikutip dari Instagram Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya.

1. Siapkan Maggot Hidup

Pertama-tama kamu perlu menyiapkan maggot hidup sebanyak 56 kilogram, bungkil kelapa 21 kilogram, dedak poles 48 kilogram, tepung tapioka 5 kilogram. Kemudian semua bahan ditimbang atau diukur sesuai formulasi menggunakan timbangan digital atau manual.

2. Campurkan Semua Bahan

Bahan pakan yang telah ditimbang kemudian dicampur menggunakan mesin maupun manual hingga merata (homogen). Pencampuran dilakukan mula-mula dari bahan yang jumlahnya paling sedikit untuk memudahkan pencampuran.

Baca Juga: Cara Membuat Pelet Maggot, Alternatif Pakan Ikan Berprotein Tinggi
Bisa Tambah Ekonomi Keluarga, Warga Diajak Olah Sampah Organik dengan Manfaatkan Maggot

3. Pencetakan dengan Mesin

Setelah semua bahan dicampurkan, kamu perlu mencetak enggunakan mesin pencetak pellet. Lalu keringkan menggunakan oven ataupun dryer box. Selain itu, proses penjemuran juga bisa dilakukan di bawah sinar matahari.

4. Masukan Wadah yang Tertutup Rapat

Pakan yang sudah dikeringkan kemudian didinginkan selama kurang lebih 60 menit untuk kemudian dimasukkan dalam wadah karung yang tertutup rapat dan kedap air.

Video Terkait