Keren! Pria Ini Kantongi Omzet Puluhan Juta dari Usaha Ikan Louhan

Udin bule, pengusaha ikan hias (Youtube/ Kisah Tanpa Batas)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 7 November 2021 | 10:00 WIB

Sariagri - Cerita inspiratif kali ini datang dari pria bernama Syamsudin atau akrab disapa Udin Bule yang sukses usaha budidaya ikan louhan. Udin yang merupakan seorang warga Ciseeng, Bogor ini sudah menggeluti usaha budidaya ikan louhan semenjak 2015 dari skala kecil.

"Awal mula saya usaha ikan hias tuh tahun 2000, saat itu sudah main di ikan cupang, manfish, ikan maskoki. Setelah itu baru main di louhan dari tahun 2015 kalau enggak salah sampai sekarang," kata Udin, dikutip dari Youtube Kisah Tanpa Batas.

Udin bercerita bahwa menjalankan usaha ikan louhan tidak selalu berjalan mulus. Ada berbaga kesulitan dan kegagalan yang dilewatainya hingga kini menuai sukses sebagai pembudidaya ikan louhan.

"Kalau suka duka udah pasti ada dari awal kita menelurkan ikan sampai jadi. Ada banyak kegagalan tapi dari kegagalan itu alhamdulillah saya masih bisa belajar. Jadi gak setiap menelurkan itu jadi," ujarnya.

Udin mengungkapkan mulai menyapih anakan ikan louhan saat berusida dua bulan dan dipasarkan dengan harga sekitar Rp70 ribu. Sedangkan ikan yang sudah masuk display akuarium toko, ia bisa memasarkan harganya hingga mencapai Rp250 ribu.

"(Omzet per bulan) minimalnya Rp10 juta ke atas, bahkan kalau ramai bisa sampai di atas Rp20 juta. Dari sini juga saya bisa menyekolahkan anak ke pesantren sampai bangun kios, bahkan Alhamdulillah istri bisa sekolah S2 dari Louhan," ucapnya.

Baca Juga: Keren! Pria Ini Kantongi Omzet Puluhan Juta dari Usaha Ikan Louhan
Kisah Pembudidaya Ikan Sukses Buat Pabrik Mini Pakan Mandiri Walau Serba Terbatas

Di toko ikan hias miliknya ini, Udin hanya menyediakan Louhan SRD karena dicintai oleh setiap kalangan, sehingga pemasarannya menjadi lebih mudah. Kini Udin bisa menampung sekitar 160 akuarium polos di tokonya tersebut. Sedangkan akuarium sekatan yang cukup besar bisa menampung sekitar 700 ekor ikan Louhannya.

Kini, Udin sudah melakukan pengiriman ikan hias menjangkau luar pulau seperti, Bali dan Papua. Ia berharap bisnis yang digelutinya ini bisa terus berkembang, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar yang cukup baik.

Video Terkait