Tebar Benih Ikan Koi di Alam Liar, Aksi Pria Ini Viral dan Dikecam Warganet

Dua orang pria tebat benih ikan koi di alam terbuka. (TikTok)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 18 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Sariagri - Seorang pria ingin berbuat baik dengan melepaskan ribuan benih ikan koi ke alam. Sayangnya, dengan pengetahuan yang minim, dirinya justru mendapatkan kecaman dari warganet.

Sebuah video dibagikan Thio lewat akun @thioadityairawan di TikTok. Terlihat dua orang pria melakukan proses pelepasan benih ikan koi ke sebuah sungai.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar ikan koi bisa berenang bebas di alam terbuka. Namun, banyak yang khawatir nantinya akan terjadi kerusakan ekosistem.

“Bismillah. Tebar benih ke alam,” kata pengunggah.

Benih ikan koi itu dibawa oleh dua pria berbaju hitam menggunakan kantong plastik besar. Usai berada di pinggir sungai, mereka segera menuang bungkusan ikan koi, membuat ribuan ikan hias itu segera berenang menyebar.

@thioadityairawan

♬ Widodari - Denny CakNan

Adapun lokasi kejadian diketahui di Tulungagung, Jawa Timur. Video tebar benih ikan koi di alam bebas itu viral, ditonton hingga 2,4 juta kali dan disukai oleh lebih dari 114 ribu orang.

Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan dari mereka merasa heran. Pasalnya, kelakuan dua orang itu bisa merusak ekosistem ikan lokal.

“Invasi bro. Belajar dulu sebelum tebar, itu habitatnya atau tidak,” tulis warganet bernama Nugraha.

"Ikan koi itu kan bukan asli Indonesia jadi kalau dilepas liarkan di Indonesia bakal jadi invasive akalu sampai beranak pinak di alam," jelas Boby Rizki.

“Niat melestarikan malah blunder. Yang ada malah ancur, posisi ikan lokal tergeser,” kata akun @notrzlrn.

Untuk diketahui,Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan invasi ikan berdampak pada keanekaragaman hayati, menurunkan, mengancam kelestarian, dan terjadi dominasi ikan yang kurang memiliki manfaat.

Dapat pula terjadi penyebaran penyakit atau hama baru dari daerah lain dan merusak estetika ekosistem. Pada akhirnya, terburuk, bisa mengubah atau membahayakan kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Peneliti budidaya ikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fauzan Ali menyebut bahwa ikan asing berpotensi invasif, bisa berkembang hinga mengganggu keragaman hayati endemis.

Video Terkait



Baca Juga: Tebar Benih Ikan Koi di Alam Liar, Aksi Pria Ini Viral dan Dikecam Warganet
Momen Haru, Kisah Cinta Ayah ke Anak dengan Rela Mancing Ikan dari Malam hingga Pagi