Cegah Stunting, Kampanye Gemar Makan Ikan Terus Digaungkan

Nelayan menata hasil tangkapan ikan di PPN Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (9/3/2021). (Antara Aceh/Hayaturrahmah)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 2 April 2021 | 08:00 WIB

SariAgri - Anggota Komisi IV DPR RI Muslim mengajak masyarakat Aceh Tamiang gemar makan ikan. Ajakan ini merupakan bagian dari kampanye gemar makan ikan untuk mencegah stunting atau tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya di daerah itu.

"Gemar makan ikan ini diyakini dapat membuat semua kalangan usia termasuk generasi yang masih dalam kandungan sehat, kuat, dan cerdas," ujar Muslim pada kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan, di Aceh Tamiang.

Muslim mengatakan Kabupaten Aceh Tamiang memiliki sumber daya perikanan yang besar. Karena itu, dia mengajak masyarakat mengonsumsi ikan untuk menghindari stunting.

"Pesan saya sederhana saja, dengan kampanye gemar makan ikan ini, masyarakat semakin tahu pentingnya asupan gizi dari ikan untuk menangkal stunting dan gizi buruk," kata Anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Provinsi Aceh itu.

Menurut Muslim, potensi perikanan Kabupaten Aceh Tamiang tifak hanya untuk dikonsumsi masyarakat, tetapi diharapkan menembus pasar ekspor.

"Seperti mengolahnya menjadi produk ikan olahan, sehingga memberi pemasukan bagi pendapatan asli daerah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Muslim.

Baca Juga: Cegah Stunting, Kampanye Gemar Makan Ikan Terus Digaungkan
Perangi Stunting, KKP Bagikan Paket Gemarikan di 112 Kabupaten dan Kota

Bupati Aceh Tamiang Mursil mendukung kampanye gemar makan ikan. Makan ikan dinilainya penting bagi ibu hamil dan menyusui sehingga bisa mencegah stunting.

"Dengan gemar makan ikan ini, kami harapkan lahir generasi yang cerdas dengan tinggi badan sesuai dengan usianya serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Aceh Tamiang," pungkasnya.