Lestarikan Alam, PLN Selamatkan Ekosistem Bawah Laut di 17 Provinsi

PLN berperan aktif dalam pengelolaan dan konservasi lingkungan laut.

Editor: Yoyok - Selasa, 5 Juli 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - PT PLN (Persero) tak hanya memberikan pendampingan ekonomi bagi masyarakat tetapi sekaligus mengajak masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan dan konservasi lingkungan laut. Hal ini merupakan wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perseroan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan sejak tahun 2019, PLN sudah melakukan program konservasi lingkungan laut di 17 provinsi di Indonesia. “Program ini melibatkan lebih dari 1.700 masyarakat dari program pelestarian lingkungan ini,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/7).

Darmawan menjelaskan langkah yang dilakukan PLN dalam pengelolaan lingkungan laut ini sejalan dengan prinsip SDG's. Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PLN ingin kehadiran korporat juga memberikan dampak bagi keberlangsungan lingkungan sekitar.

"Ini merupakan implementasi dari transformasi PLN yang green dan lean. Kami melibatkan masyarakat untuk bisa turut aktif dalam pelestarian ekosistem laut dan pesisir sehingga bisa memberikan dampak perekonomian ke masyarakat," papar Darmawan.

Sejak 2019 hingga Mei 2022 PLN terus mendukung untuk program konservasi lingkungan laut ini. Pada 2021, program ini bahkan bisa menyerap sebanyak 628 penerima manfaat.

Pada tahun ini PLN menambah alokasi anggaran untuk melanjutkan program pelestarian ekosistem laut.  Program ini akan menyasar 1.100 penerima manfaat.

Harapannya, selain mendapatkan lingkungan yang lebih bersih program ini juga mampu mendorong perekonomian masyarakat pesisir. Targetnya, penyerapan tenaga kerja dari Program Konservasi Lingkungan Laut bertambah 106 orang dengan tambahan 3 UMKM naik kelas pada tahun 2022.

Baca Juga: Lestarikan Alam, PLN Selamatkan Ekosistem Bawah Laut di 17 Provinsi
Kopi Dara, Pupuk Organik Karya Warga Kramat Jati

Beberapa program yang akan dijalankan tahun ini di antaranya yaitu program konservasi kawasan dan wisata edukasi penyu, penanaman hutan bakau sekitar Gardu Induk Sambelia, konservasi terumbu karang dan pemeliharaan transplantasi karang bekelanjutan serta rehabilitasi mangrove pantai utara Jawa.

"Program-program ini tentu akan terus dilakukan oleh PLN karena manfaatnya telah dirasakan masyarakat. Tak hanya menjaga ekosistem laut, tapi juga turut mendongkrak kesejahteraan warga sekitar," tutup Darmawan.

Video Terkait