Demi Hindari Kecelakaan, Ratusan Kura-Kura di Bandara ini Ditangkap

Ilustrasi penangkapan kura-kura di Bandara Internasional Narita. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 5 Juli 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Ratusan kura-kura sering ditemukan mondar-mandir di Bandara Internasional Narita, Jepang. Namun kini kura-kura telah dipindahkan demi menghindari kecelakaan.

Melansir Mainichi, kura-kura yang berhasil ditangakp untuk dipindahkan tercatat sebanyak 144 ekor. Penangkapan terhadap kura-kura itu telah dilakukan sejak April lalu.

Kura-kura di sekitar bandara memiliki kebiasaan terserat di landasan pacu dan mengganggu penerbangan pesawat. Bahkan, jika mesin jet menyedot kura-kura dapat menyebabkan kecelakaan.

Penangkapan kura-kura dilakukan dengan memasang 144 jebakan termasuk di reservoir penyeimbang dan saluran drainase sejak 20 April. Hasil penangkapan pun diumumkan pada 9 Juni.

Bandara Internasional Narita akan melanjutkan operasi hingga akhir Oktober. Diduga ratusan penyu masih hidup di lapangan bandara.

Baca Juga: Demi Hindari Kecelakaan, Ratusan Kura-Kura di Bandara ini Ditangkap
Nelayan Indonesia Diduga Bunuh Penyu Hijau Dilindungi di Perairan Australia

Di Bandara Internasional Narita tercatat 11 kasus penyu menyusup di dekat landasan pacu telah dikonfirmasi sejak tahun fiskal 2013, termasuk insiden jet bertema penyu tahun 2021.

Adapun peristiwa pada September 2021 seekor penyu tersesat di landasan pacu yang mengakibatkan penundaan keberangkatan pesawat All Nippon Airways Co.

Video Terkait