Sandiaga Uno Panen Ratusan Kilogram Lele Bareng Warga di Jaksel

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memanen lele di Jakarta Selatan, Senin (4/7/2022). (Antara/HO-Dok. Pribadi)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 4 Juli 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama warga memanen ratusan kilogram ikan lele di lingkungan Rukun Warga (RW) 01, Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Panen itu merupakan bagian dari program "Juragan Lele Lalap" kepada warga DKI Jakarta guna mendapatkan penghasilan tambahan.

"Ini hasil konkret dari program praktik usaha yang sudah berjalan tiga bulan. Alhamdulillah kita panen sesuai dengan rencana, karena dalam prosesnya terus didampingi dan diberi pelatihan,” ujar Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Pada tahap pertama, Sandiaga mengatakan panen ikan lele menghasilkan 337 kilogram dari 95 budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), guna membantu warga mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk tahap kedua, Sandiaga memperkirakan akan melebihi panen tahap pertama karena terdapat 105 budikdamber.

“Dari panen ini bisa tadi disepakati hasilnya dibelikan bibit dan pakan lele, kemudian warga akan membuat kolam pembesaran produksi,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengharapkan program Juragan Lele Lalap dapat terus berkembang dan berkelanjutan untuk membantu ekonomi masyarakat. Dia mengungkapkan program Juragan Lele Lalap dengan konsep budikdamber memberikan solusi bagi masyarakat untuk mengatasi kenaikan biaya kebutuhan hidup pada saat ini.

Dalam program ini warga juga diberikan pelatihan pengolahan lele beku (frozen), serta bantuan perlengkapan produksi sehingga dapat meningkatkan nilai jual.

Baca Juga: Sandiaga Uno Panen Ratusan Kilogram Lele Bareng Warga di Jaksel
Harga Murah Gizi Tinggi, Jangan Sepelekan Konsumsi Ikan Lele



“Diharapkan berkembang melalui kolam pembesaran agar produksi semakin banyak sehingga penghasilan bertambah,” katanya. 

Diketahui, Sandiaga bersama Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK) menggulirkan program Juragan Lele Lalap untuk mengurangi pengangguran di wilayah DKI Jakarta, seperti Tanah Abang, Bidara Cina, Petamburan, Pesanggrahan, dan Cakung.