Ahli Gizi Ungkap Makanan Laut Paling Sehat, Ini Daftarnya

Ilustrasi tumis udang (Freepik)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Pakar makanan nutrisi, dan penulis Eating in Color, Frances Largeman-Roth mengatakan ada berbagai penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa manusia bisa hidup lebih lama dan lebih sehat apabila mengonsumsi lebih banyak makanan laut.

Mengutip realsimple, American Heart Association merekomendasikan makan dua (3,5 ons, dimasak) porsi ikan berlemak per minggu, tetapi hanya sekitar 10 persen dari kita yang mencapainya. Ikan berlemak termasuk salmon, tuna albacore (makanan kaleng), makarel, herring, trout danau, dan sarden.

"Ikan adalah sumber protein yang hebat, tetapi manfaat sebenarnya adalah asam lemak omega-3 yang dikandungnya," kata Largeman-Roth.

Omega-3 tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, tetapi juga penting untuk kesehatan otak. Lemak omega-3 membangun membran sel di seluruh tubuh dan otak dan melakukan fungsi anti-inflamasi dalam tubuh, yang membantu mempromosikan sel-sel otak yang lebih sehat.

Ini 4 Makanan laut yang direkomendasikan agar tubuh tetap sehat.

1. Udang

Udang sangat rendah kalori dengan hanya 84 kalori per porsi 3 ons. Ditambah lagi, makanan laut satu ini mengandung 20 gram protein, mineral besi dan seng dalam jumlah tinggi, dan 300 miligram omega-3.

2. Ikan salmon

Salmon kay akan dengan omega-3 dan sangat mudah dimasak. Largeman-Roth merekomendasikan untuk memilih salmon Alaska bila memungkinkan karena ditangkap secara liar dan berkelanjutan.

Baca Juga: Ahli Gizi Ungkap Makanan Laut Paling Sehat, Ini Daftarnya
3 Resep Udang Crispy Renyah dan Menggugah Selera

3. Kepiting

Kepiting umumnya dikonsumsi ketika acara-acara khusus. Meski begitu, kepiting adalah suatu makanan yang harus dinikmati sepanjang tahun. Tergantung pada varietasnya, kepiting berkisar dari 80 hingga 100 kalori per porsi 3 ons dan menawarkan 16 hingga 20 gram protein ditambah 350 hingga 400 miligram asam lemak omega-3 (DHA + EPA).

4. Kerang

Satu porsi kerang mengandung 3 ons kerang (3 sampai 4 kerang) memiliki sekitar 96 kalori, 12 gram protein, dan 22 miligram kolin nutrisi yang meningkatkan otak.

Video Terkait