Mengenal Jenis-jenis Terumbu Karang yang Ada di Dunia

Ilustrasi terumbu karang (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 19 Juni 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Terumbu karang adalah salah satu biota yang hidup di laut. Dalam ekosistem biota ini memiliki banyak jenis, yang dibedakan berdasarkan kemampuan produksi kapur, bentuk, letak, dan zonasi.

Apa saja jenis-jenis terumbu karang tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

1. Kemampuan Memproduksi Kapur

Berdasar kemampuannya memproduksi kapur, biota ini dibagi menjadi dua, yaitu karang hermatipik yang membentuk bangunan karang yang dikenal menghasilkan terumbu.

Lalu yang kedua, karang ahermatipik, karang yang tidak menghasilkan terumbu.

2. Bentuk dan Tempat Tumbuh

Berdasarkan bentuk dan tempat tumbuhnya, karang ini terbagi menjadi empat, yaitu:

a. Terumbu (reef)

Dalam dunia navigasi laut, terumbu ini merupakan punggungan laut yang terbentuk oleh batuan kapur (termasuk karang yang masih hidup)di laut dangkal.

b. Karang (koral)

Koral atau disebut juga karang batu (stony coral) ialah hewan dari Ordo Scleractinia, yang mampu mensekresi CaCO3. Karang ini termasuk ke dalam Kelas Anthozoa yaitu anggota Filum Coelenterata yang hanya mempunyai stadium polip.

c. Karang Terumbu

Karang hermatipik (hermatypic coral) atau karang yang menghasilkan kapur. Karang ini berbeda dari karang lunak yang tidak menghasilkan kapur, dan berbeda pula dengan batu karang (rock) yang merupakan batu cadas atau batuan vulkanik.

d. Terumbu Karang

Ekosistem dasar laut tropis dihuni oleh biota laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur, bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenis-jenis moluska, Krustasea, Echinodermata, Polychaeta, Porifera, dan Tunikata.

3. Berdasarkan Letakan

a. Terumbu Karang Tepi

Terumbu karang tepi merupakan jenis terumbu karang paling sederhana dan paling banyak ditemui di pinggir pantai yang terletak di daerah tropis.

b. Terumbu Karang Penghalang

Sebenarnya terumbu karang penghalang atau barrier reefs mirip dengan terumbu karang tepi, namun terumbu karang ini hidup lebih jauh dari pinggir pantai, yaitu sekitar 0.5­2 km ke arah laut lepas dengan dibatasi oleh perairan berkedalaman hingga 75 meter.

c. Terumbu Karang Cincin

Sesuai dengan namanya, terumbu karang cincin adalah terumbu karang yang bentuknya seperti cincin dan berukuran sangat besar menyerupai pulau. Biota ini biasanya ditemukan di kawasan tropis di Samudra Atlantik.

d. Terumbu Karang Datar

Terumbu karang ini juga disebut gosong terumbu (patch reefs). Mereka banyak tumbuh di Kepulauan Seribu (DKI Jakarta) dan Kepulauan Ujung Batu (Aceh).

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Terumbu Karang yang Ada di Dunia
Terumbu Karang Samudra Hindia Bagian Barat Terancam Hancur Total, Ini Penyebabnya

4. Berdasarkan Zonasi

a. Terumbu yang menghadap angin

Tahukan kamu bahwa terumbu karang ada yang menghadap arah datangnya angin. Zona ini diawali oleh lereng terumbu yang menghadap ke arah laut lepas.

b. Terumbu yang membelakangi angin

Kebalikan dengan sebelumnya, terumbu ini lokasinya membelakangi arah datangnya angin. Umumnya zona ini memiliki hamparan yang lebih sempit yakni di kedalaman yang tidak mencapai 50 meter.

Video Terkait