Cara Membedakan Ikan Palmas Albino Jantan dan Betina

Ilustrasi ikan palmas albino (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 11 Juni 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Salah satu jenis ikan palmas yang populer di Indonesia adalah ikan palmas albino. Ikan ini memiliki ciri fisik yang mencolok di bagian warna kulitnya. Mereka tidak memiliki pigmen dan mempunyai mata yang berwarna merah.

Pada bagian sirip punggungnya berbentuk runcing. Perpaduan tersebut membuatnya begitu indah. Meski bukan asli Indonesia, budidaya ikan ini sudah berkembang luas di Indonesia.

Banyak masyarakat yang tertarik membudidayanya karena keanggunan gerakan ikan palmas, yang mengundang daya tarik tersendiri. Selain itu ikan palmas juga cenderung kalem, meski ia adalah ikan predator. Lantas bagaimana cara membedakan ikan palmas albino jantan dan betina?

Cara membedakan ikan palmas albino jantan dan betina

Jika ingin membudidayakan ikan palmas albino, Sobat Agri harus bisa membedakan mana yang ikan palmas albino jantan dan betina. Tujuannya agar memudahkan proses reproduksi ikan palmas albino.

Baca Juga: Cara Membedakan Ikan Palmas Albino Jantan dan Betina
Apa Itu Ikan Palmas Bertanduk? Berikut Ulasannya!

Adapun cara untuk membedakan ikan palmas albino jantan dan betina cukup mudah. Sobat Agri bisa melihat bentuk sirip anal atau sirip pada bawah ekor.

Jika ikan palmas albino yang jantan memiliki sirip anal dengan ukuran besar, tebal dan tumpul pada ujungnya.

Sementara palmas albino betina sirip ukuran analnya lebih kecil, tipis dan runcing pada bagian ujungnya.

Namun untuk dapat melihat perbedaan dari ukuran sirip di bawah ekor tadi, ikan palmas albino ini harus sudah berukuran setidaknya minimal 20 cm.

Video Terkait