5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Kerapu Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Ilustrasi ikan kerapu (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 10 Juni 2022 | 14:10 WIB

Sariagri - Ikan kerapu adalah ikan yang cukup populer dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Berkat kepopulerannya tersebut, membuat ikan ini kian banyak dibudidayakan oleh para petani ikan.

Namun perlu diketahui, untuk membudidayakan ikan jenis ini ternyata tidaklah mudah. Hal ini membuat sejumlah para budidaya mengalami kendala. Alasannya karena membudidaya ikan kerapu membutuhkan teknik yang cukup sulit dan dibutuhkan pengalaman serta keteliatian yang cukup tinggi.

Selain itu, kendala lainnya adalah seorang petani ikan kerapu juga harus bisa membuat tempat penangkaran yang persis sama dengan kondisi habitat aslinya. Tujuannya tidak lain agar mencegah ikan kerapu tidak mengalami stress.

Namun meski begitu, ikan kerapu disinyalir memiliki kandungan asam lemak yang kompleks. Inilah yang membuat ikan ini tetap menjadi komoditas yang tinggi. Kandungannya memberi segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Ikan Kerapu untuk Kesehatan

Lantas apa saja manfaat-manfaat ikan kerapu, yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengkonsumsi ikan secara rutin telah terbukti dapat merangsang dan meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan omega-3 yang terdapat dalam ikan diketahui berfungsi sangat baik untuk otak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi ikan kerapu dapat menjadi salah satu solusinya.

2. Mengurangi Resiko Terkena Angina Pectoris

Angina pectoris merupakan nyeri dada akibat penyakit jantung koroner. Selain itu, angina pectoris terjadi saat otot jantung tidak mendaptakan suplai darah yang cukup karena pembuluh darah arteri pada jantung menyempit atua tersumbat.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kalian dapat menjadikan ikan kerapu sebagai list makanan yang patut dikonsumsi secara teratur minimal seminggu sekali.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kolesterol yang kadarnya terlalu tinggi tentu akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu jalannya aliran darah. Tak heran kolesterol menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi ikan kerapu secara teratur.

Kandungan minyak ikan di dalamnya ampuh menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga menjauhkan diri dari gangguan jantung koroner.

4. Mengurangi Resiko Keracunan pada Pasien Pasca Operasi

Pasien yang telah melakukan operasi ada baiknya mengkonsumsi ikan kerapu. Hal ini perlu dilakukan karena pasien pasca operasi biasanya rentan mengalami keracunan karena tubuhnya habis dibedah.

Selain itu luka yang terdapat pada jahitan operasi juga rentan mengalami infeksi. Oleh sebab itu, untuk mengurangi resiko keracunan dan memulihkan tubuh pasca operasi, kamu dapat mengkonsumsi ikan kerapu.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Kerapu Bagi Kesehatan, Apa Saja?
KKP Dorong Kolaborasi Guna Cegah Penangkapan Ikan Ilegal

5. Mengurangi Depresi

Depresi adalah suatu kondisi gangguan suasana hati yang ditandai perasaan sedih yang mendalam. Depresi yang tidak mendapat penanganan serius dapat memperburuk kondisi penderita.

Untuk meningkatkan kulitas hidupnya,biasnaya penderita depresi harus mengkonsumsi obat-obatan. Salah satu cara untuk mengurangi depresi secara alami adalah dengan mengkonsumsi ikan kerapu. Ikan kerapu dipercaya mampu mengatasi depresi.

Video Terkait