Hebat, Cina Sukses Budidayakan Ikan Salmon

Ilustrasi ikan salmon. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 9 Juni 2022 | 18:50 WIB

Budidaya salmon Atlantik di dataran rendah pertama di dunia telah mencapai panen besar di Qingdao, Provinsi Shandong, Cina Timur. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 15.000 ikan telah dipanen.

Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa peternakan ikan laut dalam pertama di Cina, Shenlan 1, membiakkan total 100.000 salmon Atlantik. Sebanyak 15.000 ikan yang sudah dipanen juga menandai tangkapan pertama salmon Atlantik di negara itu dari laut dalam dan jauh, sebagaimana dilaporkan Global Times.

Peternakan tersebut dilaksanakan oleh proyek promosi platform yang diluncurkan bersama oleh Grup Kelautan Shandong, Grup Wanzefeng, dan Grup Investasi Laut Qingdao. Mereka berupaya mengembangkan zona percobaan budidaya laut dalam dan laut jauh nasional di Qingdao.

Penanggungjawab platform, Tang Qingkai, mengatakan bahwa Shenlan 1 terus-menerus direnovasi dan ditingkatkan.

Situasi pembiakan di darat dapat divisualisasikan, dikelola secara langsung, dan dicapai dari jarak seratus mil laut dengan satu klik berkat adanya sistem pemantauan biomassa. Selain itu, sistem pemantauan pembiakan dan sistem transmisi informasi jarak jauh juga telah dioptimalkan.

Sistem pemantauan biomassa memungkinkan adanya pemantauan real-time tentang kondisi kehidupan ikan, kondisi makan, serta bentuk dan ukuran ikan. Para pegawai dapat secara akurat menyesuaikan pemberian makan setiap saat sesuai dengan informasi yang diberikan. Teknologi itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ikan.

Zona percobaan terletak di Massa Air Dingin Laut Kuning, dengan suhu tetap di bawah 120C sepanjang tahun. Kondisi itu cocok untuk pertumbuhan salmon dan ikan air dingin bernilai tambah tinggi lainnya.

Pada tahun 2021, Shenlan 1 memanen 150.000 salmon dewasa di zona percobaan, dengan berat rata-rata individu ikan melebihi 4 kilogram dan kualitasnya melebihi standar ekspor Uni Eropa. Pencapaian ini menandai keberhasilan budidaya salmon laut dalam skala besar pertama di Cina.

Baca Juga: Hebat, Cina Sukses Budidayakan Ikan Salmon
Mengenal Salmon, Jenis Ikan yang Dikenal Paling Bernutrisi di Dunia

Orang dalam industri mencatat bahwa budidaya salmon domestik akan mengurangi biaya logistik dan tenaga kerja serta menghasilkan ikan yang lebih segar.

Seorang pengamat industri makanan, Zhu Danpeng, mengatakan kepada Global Times bahwa seiring meningkatnya daya beli Cina, permintaan pasar salmon telah meningkat secara bertahap dan ketergantungan negara pada salmon impor akan terus berkurang mengikuti kemajuan peternakan domestik.

Video Terkait