Sering Keliru, Ini Bedanya Ikan Dori dengan Ikan Patin

Ilustrasi Ikan Dori. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 9 Juni 2022 | 12:40 WIB

Ikan merupakan sumber protein yang menyehatkan dan digemari banyak orang. Salah satu ikan yang banyak diminati adalah ikan dori. Bahkan pada restoran fish and chips menggunakan ikan dori sebagai hidangan utama.

Namun tiba-tiba informasi bahwa ikan dori yang dijual di restoran ternyata bukanlah ikan dori melainkan ikan patin. Hal itu menjadi pertanyaan di kalangan pecinta makanan ikan laut. Sebenarnya ikan dori dan ikan patin merupakan jenis berbeda, keduanya memang memiliki rasa dan tampilan yang sama terutama setelah diolah.

Berikut perbedaan ikan dori dan ikan patin:

Sariagri - Serat daging

Pada ikan dori memiliki serat yang dikenal lebih kecil dan halus. Serat ikan dori menyerupai serabut halus dan cukup lembut. Ketika dipotong daging ikan dori seperti serabut yang lembut.

Lain halnya dengan ikan patin yang memiliki serat tidak seperti ikan dori. Ikan patin memiliki serat yang lebih kasar dibanding dengan ikan dori.

Tekstur ikan

Ikan dori yang memiliki serat lebih kecil dan lembut. Saat ditekan daging ikan dori lebih padat, tebal juga kenyal. Tekstur ikan dori tidak akan berubah saat sudah diolah, ia akan tetap memiliki tekstur tebal dan kenyal saat dikunyah.

Sedangkan ikan patin memiliki daging yang lebih tipis dibanding dengan ikan dori. Ketika ditekan tekstur ikan patin juga cenderung lembek dan tidak kenyal.

Aroma

Dari segi aroma, ikan dori memiliki aroma khas laut dan lebih segar. Hal itu disebabkan oleh asal ikan dori dari lautan. Sehingga ikan dori memiliki aroma yang lebih segar.

Baca Juga: Sering Keliru, Ini Bedanya Ikan Dori dengan Ikan Patin
Dijamin Masih Segar, Ini Tips and Trick Membeli Ikan Dori

Sementara ikan patin memiliki aroma seperti lumpur atau tanah. Hal ini disebabkan oleh asal ikan patin dari air tawar. Jika tidak diolah dengan benar aroma ini masih bisa tercium setelah proses masak.

Rasa

Ikan dori memiliki rasa yang lebih segar dibanding dengan ikan patin. Untuk dagingnya ikan dori akan terasa lebih lembut dan manis. Berbeda dengan ikan dori, ikan patin memiliki rasa yang lebih gurih. Sekilas rasa ikan patin mirip dengan ikan lele