Suka Ikan Kerapu? Kenali Jenisnya yang Paling Enak Dikonsumsi

Ilustrasi - Ikan kerapu. (Pexels)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 9 Juni 2022 | 10:00 WIB

Indonesia memiliki potensi keragaman hasil laut, terutama ikan. Selain dapat dikonsumsi, ikan juga memiliki nilai jual, salah satunya ikan kerapu. Meski merupakan ikan predator, kerapu banyak diburu pecinta kuliner karena rasanya yang enak.

Ikan kerapu memiliki rongga mulut lebar dan gigi tajam yang menjadi kekuatan untuk melumpuhkan mangsanya. Umumnya ikan kerapu diolah dalam bentuk ikan bakar. Ikan ini memiliki berbagai jenis, apa saja?.

Kerapu Macan

Ikan kerapu macan memiliki motif seperti macan tutul dengan warna kombinasi hitam dan kuning. Ikan ini bisa dijumpai di pasaran karena sudah banyak nelayan yang membudidayakannya. Permintaan kerapu macan terus meningkat karena rasanya lezat dengan tekstur daging lembut.

Kerapu Batik

Ikan kerapu batik berwarna coklat pucat di tubuh hingga siripnya. Berbeda dengan jenis kerapu lainnya yang hidup di perairan dangkal, kerapu batik justru di laut dalam. Ikan ini sekilas mirip belut listrik ketika di dalam air namun jika dilihat lebih jelas akan mudah dikenali sebagai kerapu batik.

Kerapu Sunu

Ikan kerapu sunu dijuluki sebagai ikan kerapu paling cantik karena warnanya yang terang dengan bintik hijau tosca di sekujur tubuhnya. Ikan ini juga merupakan salah satu jenis ikan kerapu yang menjadi komoditas ekspor dengan harga jual tinggi.

Kerapu Kertang

Ikan kerapu kertang memiliki rasa yang sangat lezat. Ikan jenis ini hidup di kawasan terumbu karang dan juga merasa sangat nyaman tinggal di lokasi kapal tenggelam. Ikan kerapu ini dikenal sebagai pemangsa ikan kecil, plankton, udang-udangan dan cumi-cumi.

Baca Juga: Suka Ikan Kerapu? Kenali Jenisnya yang Paling Enak Dikonsumsi
Ikan Teri Paling Banyak Ditangkap di Perairan Negara Ini pada 2021

Kerapu Tikus

Ikan kerapu tikus biasa dikenal dalam perdagangan internasional sebagai polkadot grouper. nama lain Sebutan lainnya adalah ikan kerapu bebek karena tubuhnya seperti polkadot dan berbentuk agak pipih dengan warna abu-abu kehijauan.

Ikan kerapu jenis ini biasanya hidup di kawasan terumbu karang di peraian dangkal hingga 100 meter di bawah permukaan laut. Ikan jenis ini juga bisa hidup di dalam lubang karang dengan aktivitas  rendah. Di Indonesia, ikan kerapu tikus termasuk salah satu jenis ikan yang mudah  ditemukan.

Sariagri - 

T

 

Video Terkait