Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii, Dapat Hidup Abadi Berkat Keunikannya

Ilustrasi Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 10 Juni 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Ubur-ubur adalah salah satu makhluk laut yang memiliki keunikan tersendiri. Hewan karnivora ini memakan zooplankton dan ubur-ubur lainnya.

Berbicara soal keunikan ubur-ubur, ada satu jenis ubur-ubur yang ternyata dapat hidup abadi. Bahkan, sudah hidup di Bumi sejak ratusan juta tahun lalu sebelum ada hewan dinosaurus.

Ubur-ubur yang satu ini bukanlah binatang biasa. Bisa dikatakan, hewan laut ini mampu hidup selamanya alias abadi dalam kondisi tertentu.

Mengutip dari Live Science, Ubur-ubur turritopsis dohrnii dapat hidup abadi karena memiliki kemampuan untuk meregenerasi seluruh sel tubuhnya yang membuat mereka tidak mengalami penuaan dan tetap dapat bertahan hidup.

Hewan ini dapat bertahan hidup meskipun berada di kondisi ekstrem seperti kelaparan, terluka berat, dan lingkungan yang tidak mendukung. Kemampuan regenerasi turritopsis dohrnii ini disebut dengan transdiferensiasi.

Transdiferensiasi adalah proses berubahnya sel yang telah mencapai tahap tertentu menjadi sel yang lebih muda dan baru. Selama Turritopsis dohrnii tidak dimakan predator, maka binatang ini dapat terus menerus hidup.

Ubur-ubur ini memulai hidupnya melalui fase larva. Selanjutnya, setelah melalui fase tersebut, ubur-ubur Turritopsis akan menetap di dasar laut dan berubah menjadi polip.

Polip ini kemudian menghasilkan medusa yang berenang bebas. Uniknya, ketika Turritopsis dohrnii menjadi dewasa, hewan ini dapat berubah kembali menjadi polip.

Berkat proses transdiferensiasi yang menakjubkan ini, kawanan ubur-ubur tersebut mampu menyebar ke seluruh lautan dunia dengan jumlah yang sangat masif dan memiliki gen DNA yang identik pada setiap spesimen yang ditemukan.

Baca Juga: Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii, Dapat Hidup Abadi Berkat Keunikannya
Mengapa Wilayah Kutub Diselimuti Es Tebal? Berikut Penjelasannya

Untuk alasan yang masih misterius, ubur-ubur abadi mengambil bentuk yang sedikit berbeda saat menyebar. Kawanan yang hidup di perairan tropis biasanya hanya memiliki 8 tentakel, sedangkan di daerah beriklim sedang dapat memiliki 24 tentakel atau lebih.

Ubur-ubur itu memang wujudnya tidak lagi sama persis seperti dirinya sebelumnya, tapi tetap saja hewan ini tidak mati. Secara teknis, mungkin lebih tepatnya disebut beregenerasi. Kehidupan ubur-ubur yang unik itu disebut immortality atau hidup selamanya.

Video Terkait