Intip 4 Perbedaan Dasar Ikan Layang-layang Jantan dan Betina

Ilustrasi - Ikan layang-layang. (Unsplash)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 4 Juni 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Ikan layang-layang atau punya nama lain ikan manfish, merupakan salah satu ikan hias aquascape populer di Indonesia. Dinamakan ikan layang layang sebab bentuk ikan ini sangat unik menyerupai layangan.

Perbedaan Ikan Layang-layang Jantan dan Betina

Selain manfish, ikan yang nama ilmiahnya Pterophyllum Scalare ini juga memiliki sebutan lain yaitu ikan Angelfish. Sebagai ikan hias tropis yang cantik dan memiliki warna unik, membuat banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk memelihara ikan ini.

Namun sebelum memeliharanya, ada baiknya Sobat Agri mengetahui perbedaan fisik antara ikan layang-layang jantan dengan betina. Berikut beberapa perbedaanya.

1. Ukuran kepala

Ikan layang-layang jantan memiliki ukuran kepala yang besar jika dibandingkan yang betina. Tidak hanya itu bagian atas kepala ikan jantan cenderung cembung. Sementara bagian atas kepala ikan betina berbentuk datar.

2. Ukuran tubuh

Selain ukuran kepala, ukuran tubuh ikan jantan juga relatif lebih besar dari ikan betina. Tubuh ikan jantan juga terlihat lebih pipih apabila dilihat dari atas (bagian punggung).

3. Perut ikan

Namun jika melihat perut ikan, perut sang betina lebih besar dan menonjol jika dilihat dari atas (bagian punggungnya), dibandingkan perut sang jantan.

Baca Juga: Intip 4 Perbedaan Dasar Ikan Layang-layang Jantan dan Betina
Tips Mudah Memilih Ikan Manfish yang Bagus untuk Dipelihara

4. Warna ikan

Untuk ikan jantan, variasi warnanya lebih beragam dan berwarna cerah dibandingkan ikan betina. Sebab warna ikan betina biasanya kusam dan tidak secerah ikan jantan.

Demikian informasi seputar perbedaan ikan layang-layang jantan dan betina. Semoga bisa bermanfaat bagi Sobat Agri yang tertarik untuk membudidayakannya.

Video Terkait