Mengenal Yellow Boxfish, Ikan Kotak Kuning yang Unik dan Beracun

Ikan kotak kuning. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Rabu, 1 Juni 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Pernah dengar tentang yellow boxfish atau ikan kotak kuning? Ikan kotak kuning pernah menjadi inspirasi desain dari mobil Mercedes Benz.

Sesuai namanya, ikan kotak kuning benar-benar berbentuk kotak dengan bintik-bintik hitam besar pada tubuh kuningnya cerah. Habitat asli ikan kotak kuning adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta selatan timur Samudera Atlantik. Ikan ini bisa mencapai panjang maksimal 45 cm.

Ikan kotak kuning merupakan salah satu jenis ikan berbentuk aneh di dunia. Saat mencapai ukuran dewasa, warna kuning ikan ini berubah menjadi lebih kecoklatan dan bintik-bintiknya berkurang.

Ada sedikit perbedaan antara jantan dan betina. Ikan jantan sedikit lebih besar dan warna lebih ungu/coklat dan titik-titik berwarnanya terang.

Termasuk Ikan Beracun

Meskipun sangat jarang, ikan kotak kuning dapat melepaskan racun yang sangat mematikan jika stres. Racun tersebut disebut ostracitoxin.

Baca Juga: Mengenal Yellow Boxfish, Ikan Kotak Kuning yang Unik dan Beracun
5 Fakta Laut Jawa, Kuburan Kapal Perang Dunia II

Racun tersebut bahkan dapat membunuh dirinya sendiri bersama semua ikan yang ada di sekitarnya. Perlu perhatian ekstra jika memelihara ikan ini karena jika mengeluarkan racun dapat membunuh ikan lain di akuarium.

Bergerak Lambat

Ikan kotak kuning bergerak agak lambat dan jika diadu dengan ikan agresif lainnya, maka ikan kotak kuning tidak akan mendapatkan makanan. Yellow boxfish juga menyukai batuan yang hidup untuk mendapatkan alga. Selain itu, ikan ini juga suka menyendiri dengan bersembunyi di terumbu karang.

Video Terkait