5 Jenis Ikan Predator Ini BIsa Dipelihara sebagai Ikan Hias

Ilustrasi - Ikan Arwana. (Wikimedia)

Editor: Putri - Senin, 30 Mei 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Terdapat berbagai jenis ikan predator di dunia ini. Ikan predator adalah ikan besar yang dapat memangsa hewan lain atau ikan yang lebih kecil sebagai makanannya.

Sebagai ikan hias, biasanya dipilih jenis ikan predator air tawar. Bentuknya yang unik dan warnanya yang indah, seolah menghilangkan kesan seram ikan predator.

Jenis ikan predator aquarium biasanya banyak digemari karena gerakannya yang cepat dan agresif. Pergerakannya yang cepat dipadukan dengan bentukmya yang unik menghasilkan suatu hal artistik dan bersifat teurapik.

Mengutip berbagai sumber, berikut jenis jenis ikan predator air tawar yang mudah dipelihara.

1. Tiger Datz

Tiger datz adalah salah satu jenis ikan predator air tawar. Ikan yang juga dikenal dengan nama datnoid ini merupakan salah satu ikan favorit di kalangan pencinta ikan hias.

Ikan ini memiliki warna yang cantik, dengan corak belang berwarna kuning keemasan serta corak loreng hitam bergaris di tubuhnya dan di sirip ekor.

Umumnya ikan ini ditemukan di wilayah sungai tropis, seperti pertemuan air laut dan air tawar daerah Thailand dan Indonesia. Selain itu, tiger datz juga hidup di perairan Kamboja, Vietnam, dan perairan lain di Asia Tenggara.

Ada tiga jenis ikan datz asal Indonesia yaitu tiger datz Sumatera, Kalimantan dan Papua.

2. Ikan Channa

Ikan channa juga dikenal dengan sebutan snakehead emperor. Hal tersebut dikarenakan jenis ikan predator yang satu ini memiliki kepala yang menyerupai ular.

Pada dasarnya, ikan channa ini termasuk ikan gabus, dengan penampilan serta corak yang indah. Kemudahan merawat ikan channa adalah bisa hidup tanpa oksigen tambahan.

Selain itu, ikan ini memiliki sifat teritorial, yang sangat gemar menyerang ikan lain. Ikan channa banyak jenisnya, yaitu yellow sentarum, red sampit, channa asiatica, dan strip merah.

3. Ikan Arwana

Ikan arwana adalah ikan yang berasal dari Asia. Ikan ini merupakan jenis ikan predator air tawar yang bernilai ekonomis tinggi.

Harga seekor arwana bisa mencapai puluhan juta rupiah. Karena warna dan bentuknya sangat indah, menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta ikan yang satu ini

Jenis arwana pun beragam seperti seperti ikan arwana super red yang berwarna merah di sekujur tubuhnya, arwana Banjar, red tail golden, arwana Brasil, arwana platinum dan jenis lainnya.

Bagi sebagian orang, memelihara arwana dipercaya dapat menolak bala dan membawa hoki atau keberuntunga.

4. Ikan Pari Air Tawar

Bentuk ikan pari air tawar yang unik, membuat ikan ini menjadi salah satu ikan hias populer. Setiap jenis ikan pari air tawar memiliki corak yang berbeda.

Memelihara ikan pari terbilang gampang-gampang susah. Hal tersebut dikarenakan jenis ikan ini paling sensitif terhadap perubahan kondisi air. Karena ikan pari air tawar dapat tumbuh hingga 70 cm bahkan lebih, dibutuhkan akuarium dan ruang yang besar.

Selain itu, ikan pari air tawar juga tidak memiliki sisik sehingga ketika terjadi perubahan kondisi dan suhu air akan langsung berdampak pada tubuhnya.

5. Ikan Palmas

Ikan ini merupakan ikan yang hidup saat zaman purba. Habitat aslinya adalah Sungai Nil di Afrika. Secara bentuk, ikan palmas terlihat seperti naga karena memiliki sirip di punggung layaknya naga.

Palmas juga terbilang kuat karena dapat hidup tanpa oksigen tambahan. beberapa jenis ikan palmas yang tersebar di pasaran, di antaranya adalah Lapradei Bichir (Polyterus bichir lapradei).

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Predator Ini BIsa Dipelihara sebagai Ikan Hias
6 Jenis Ikan Predator Air Tawar, Hewan Agresif dan Unik

Selain itu ada juga Polypterus weeksii, Cross River bichir (Polypterus teugelsi), Nile bichir (Polypterus bichir), West African bichir (Polypterus retropinnis) dan masih banyak lagi.

Namun saat ini yang paling populer dan banyak dipelihara adalah jenis Polypterus senegalus dan ikan palmas albino. Ikan ini dinamakan albino sebab tubuhnya kehilangan pigmen warna.

Video Terkait