6 Jenis Ikan Predator Air Tawar, Hewan Agresif dan Unik

Ilustrasi Ikan Predator Air Tawar. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Jumat, 27 Mei 2022 | 16:40 WIB

Sariagri - Ikan predator adalah ikan besar yang dapat memangsa hewan lain atau ikan yang lebih kecil sebagai makanannya. Terdapat berbagai macam ikan predator air tawar, bahkan bisa dijadikan sebagai ikan hias.

Biasanya ikan predator berukuran besar saat dewasa. Masing-masing ikan predator air tawar memiliki karakter khusus yaitu agresif dan galak.

Karena agresif, ikan predator air tawar aquarium menarik perhatian karena banyak bergerak. Apalagi karena bentuknya yang unik, pergerakan ikan predator menjadi lebih artistik dan bersifat teurapik.

Mengutip berbagai sumber, berikut jenis jenis ikan predator air tawar.

1. Ikan Arwana

Ikan arwana adalah ikan yang berasal dari Asia. Arwana diketahui sebagai salah satu ikan predator air tawar termahal.

Harga ikan arwana bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah hanya untuk satu ekor. Warna dan bentuknya sangat indah menjadi daya tarik tersendiri bagi pencintanya.

Terdapat berbagai jenis ikan arwana seperti ikan arwana super red yang berwarna merah di sekujur tubuhnya, arwana Banjar, red tail golden, arwana Brasil, arwana platinum dan jenis lainnya. Bagi sebagian orang, memelihara arwana dipercaya merupakan penolak bala dan membawa berkah.

2. Ikan Pari Air Tawar

Bentuk ikan pari air tawar yang unik, membuat ikan ini menjadi salah satu ikan hias populer. Setiap jenis ikan pari air tawar memiliki corak yang berbeda.

Memelihara ikan pari terbilang memiliki tingkat kesulitan menengah. Hal tersebut dikarenakan jenis ikan ini paling sensitif terhadap perubahan kondisi air.

Selain itu karena ikan pari air tawar dapat tumbuh hingga 70 cm bahkan lebih, dibutuhkan akuarium dan ruang yang besar. Ikan pari tidak memiliki sisik sehingga ketika terjadi perubahan kondisi dan suhu air akan langsung berdampak pada tubuhnya.

3. Jewel Cichlid

Mengutip situs resmi Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, jewel cichlid adalah jenis ikan predator yang berasal dari sungai dan danau di Afrika. Ikan ini sangat tangguh dalam beradaptasi di berbagai kondisi air.

Ikan jewel cichlid sangat agresif, terutama ketika berpasangan dan mulai berkembang biak. Namun ikan betina jenis ini hanya bisa berkembang biak di akuarium dengan air sedikit asam dan bersuhu agak tinggi.

4. Genus Polypterus

Bentuk fisik Genus Polypterus memiliki fisik yang begitu prasejarah. Bentuknya berbeda-beda bergantung dari spesiesnya. Spesies dari Palmas pun bervariasi, mulai dari Orna, Senegalus, Lapradei, Tali, Delhezi, dan masih banyak lagi tentunya.

Ikan yang termasuk Genus dari Polypterus ini adalah ikan predator air tawar yang merupakan tipe bawah. Artinya, ikan ini sering sekali berada di dasar akuarium.

Genus Polypterus termasuk fleksibel dalam hal makanan. Ikan ini bisa bisa makan ikan kecil yang masih hidup atau mati.

Bila kamu memelihara ikan ini dan kehabisan stok makanan hidup, kamu bisa memberinya makanan mati seperti potongan udang, potongan lele, cacing beku, maupun butiran khusus.

5. Wolf Fish

Wolf Fish adalah termasuk ikan predator air tawar yang nokturnal. Sesuai namanya yang berarti serigala, serigala diketahui aktif pada malam hari.

Wolf Fish atau Hoplias aktif pada malam hari dan tidur pada siang hari. Ikan yang mampu tumbuh mencapai 120 cm dan berat 40 kg ini memiliki insting berburu pada malam hari yang kuat.

Insting tersebut didukung dengan penglihatan matanya yang tajam membuatnya tangkas menyergap mangsa dalam kondisi minim cahaya.

6. Longnose Gar

Mengutip ensiklopedia National Geographic, longnose gar berburu pada malam hari, menyerang mangsa dengan deretan gigi yang berada di moncongnya yang panjang.

Baca Juga: 6 Jenis Ikan Predator Air Tawar, Hewan Agresif dan Unik
Mengenal Ikan Iblis Merah, Hewan Pemangsa yang Resahkan Nelayan Danau Toba

Saat Longnose Gar mendapatkan mangsanya, ia perlu memutar beberapa derajat agar mangsanya dapat masuk ke mulutnya. Mengingat mulutnya yang kecil, Longnose Gar tidak bisa langsung menelan, melainkan memutar terlebih dahulu mangsa tersebut.

Mangsa Longnose Gar umumnya ikan kecil yang masih hidup. Bila kamu memelihara ikan ini, ikan ini senang dengan jenis ikan apa saja seperti ikan lele atau nila. Namun perlu diperhatikan ukuran ikan tersebut apakah cukup untuk mulutnya.

Video Terkait