Mengenal Ikan Lumba Lumba dan Berbagai Fakta Uniknya

Ilustrasi Lumba-Lumba (Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 26 Mei 2022 | 10:15 WIB

Sariagri - Terkenal akan kecerdasannya dan kelucuannya, ikan lumba lumba menjadi salah satu binatang favorit banyak orang. Mamalia yang satu ini kerap menghabiskan waktunya di dalam laut.

Ikan lumba lumba berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar. Induk lumba-lumba mengalami pembuahan internal, kemudian mengandung anaknya hingga waktu melahirkan tiba.

Meski banyak menghabiskan banyak waktu di air, lumba-lumba tidak memiliki insang. Alat pernapasan pada ikan lumba lumba adalah paru-paru.

Namun cara menghirup lumba-lumba tidak seperti manusia. Lumba-lumba bernapas melalui lubang sembur, lubang hidung yang beradaptasi terletak tepat di atas kepalanya. Ketika menghirup udara, O2 langsung masuk ke paru-paru lumba-lumba.

Mengutip situs resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Laut, ciri ciri ikan lumba lumba yaitu punya paru-paru, memiliki satu lubang napas, mengambil napas setiap beberapa menit, hamil hingga 8-14 bulan, melahirkan, punya 1 anak 1-3 tahun sekali.

Selain itu sifat lainnya adalah menyusui anaknya selama 1-1,5 tahun, bersifat sosial, pintar, menggunakan sonar sebagai penunjuk arah, dan sering menolong manusia yang tenggelam.

Mengutip berbagai sumber, berikut fakta lain tentang ikan lumba lumba.

1. Memiliki Lapisan Lemak Tebal

Tahukah kamu bahwa mamalia ini memiliki lapisan lemak yang sangat tebal di tubuhnya? Lemak tersebut berguna untuk melindungi tubuh dari perubahan iklim yang ekstrem.

Lapisan lemak yang tebal ini membantu daya apung ikan lumba lumba di dalam air. Lapisan lemak juga dapat menjadi pelindung karena pemangsa akan kesulitan melewati lapisan lemak yang tebal ini.

Uniknya lagi, kulit yang terlihat halus dan warna ikan lumba lumba yang mengkilap memiliki sifat penyembuhan luka yang sangat cepat. Bahkan, luka terdalam pun.

2. Kemampuan Ekolokasi

Fakta menarik lainnya dari hewan laut ini adalah memiliki kemampuan ekolokasi untuk menemukan lokasi objek yang tepat.

Dalam hal ini, mamalia tersebut memanfaatkan gelombang suara yang memantul dari objek di dekatnya di dalam air sehingga bisa melihat dengan baik ketika berenang.

Untuk ekolokasi objek di dekatnya, hewan ini menghasilkan klik frekuensi tinggi. Klik tersebut menciptakan gelombang suara yang bergerak cepat melalui air di sekitarnya.

Gelombang suara yang merambat di dalam air tersebut memiliki kecepatan hingga 5 kali daripada melalui udara. Ketika gelombang suara memantul dari objek, mereka kembali ke lumba-lumba sebagai gema.

3. Penyelam yang Andal

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan laut yang andal dalam hal berenang. Hewan ini mampu berenang dengan kecepatan 3 sampai 7 mil per jam.

Beberapa spesies lumba-lumba mampu berenang dengan kecepatan 20 mil per jam, bahkan bisa melebihi itu dan melakukan perjalanan dengan kecepatan 20 mil per jam.

Selain itu, hewan yang satu ini juga dikenal sebagai penyelam yang hebat. Sebagai mamalia laut, lumba-lumba bisa menyelam hingga 1.000 kaki di bawah air.

4. Hidup dalam Kelompok

Hewan menggemaskan ini termasuk hewan yang senang hidup berkelompok. Oleh sebab itu, kita kerap menjumpai hewan ini ditemui berkelompok saat berenang dan muncul ke permukaan laut.

Selain itu, sifat alami lumba-lumba adalah tetap bersama induknya untuk waktu yang lama hingga akhirnya mereka akan meninggalkan kawanannya.

Baca Juga: Mengenal Ikan Lumba Lumba dan Berbagai Fakta Uniknya
5 Jenis Belut Laut yang Perlu Diketahui

Beberapa spesies bahkan tinggal bersama induknya selama 3 atau bahkan 8 tahun lamanya. Kebiasaan hidup berkelompok ini juga menjadi salah satu faktor kecerdasan lumba-lumba.

Hewan yang dalam bahasa Inggris disebut dolphin ini diketahui memiliki kekuatan interaksi sosial dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks.

Video Terkait