6 Jenis Ikan Pari Air Tawar, Cocok untuk Pencinta Ikan Hias

Ikan Pari Air Tawar. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Selasa, 24 Mei 2022 | 17:20 WIB

Sariagri - Tahukah kamu bahwa ada ikan pari air tawar? Ikan pari air tawar dalam bahasa Inggris disebut stingray freshwater. Ikan ini populer sebagai ikan hias.

Beberapa waktu lalu, ikan pari air tawar raksasa ditemukan oleh nelayan di Sungai Mekong, Kamboja. Ikan pari itu memiliki berat 181 kg dan ditemukan usai memakan umpan ikan dari pancingan.

Ikan pari air tawar berasal dari perairan sungai tropis dan subtropis Amerika Selatan, mulai dari Karibia sampai Argentina. Harga ikan pari air tawar tergantung dari jenisnya. Ikan jenis black diamond ada yang mematok hingga seharga Rp11,5 juta.

Makanan ikan pari air tawar biasanya udang, ikan kecil baik hidup maupun ikan segar. Karena termasuk binatang rakus, pemberian pakan ikan pari ini lebih baik sedikit tapi sering.

Mengutip berbagai sumber, berikut jenis ikan pari air tawar yang perlu diketahui.

1. Ikan Pari Motoro

Motoro adalah pari air tawar yang populer di Indonesia. Habitat asalnya dari Amerika Selatan tepatnya di Kolombia, Peru Bolivia, Paraguay, Uruguay, Argentina dan Brasil.

Warna ikan ini coklat tua dengan bintik-bintik kuning atau oranye. Motoro adalah spesies besar dan tumbuh hingga diameter 92 cm. Jika kamu berniat memelihara Motoro, pastikan memiliki tangki yang memadai.

2. Potamotrygon Jabuti (Ikan Pari Mutiara)

Ikan pari mutiara adalah ikan pari cantik yang endemik di sungai Tapajos, Amazon. Spesies ini tumbuh sedikit lebih kecil dari Motoro yaitu 76 cm.

Warna pari ini coklat muda dengan pola oranye melingkar berbintik-bintik. Seiring bertambahnya usia, warna coklat mudanya menjadi lebih gelap sementara pola berbintik-bintiknya menjadi semakin samar.

Spesies ini juga merupakan pilihan yang baik untuk penghobi yang ingin mulai memelihara ikan pari.

3. Potamotrygon Henlei (Polkadot Stingray)

Potamotrygon Henlei adalah salah satu ikan pari paling agung yang tersedia dalam perdagangan. Warna dasarnya hitam, ditambah dengan bintik-bintik putih dan ekor dayung membuatnya sangat berbeda dari ikan pari lainnya.

Karena Potamotrygon Henlei merupakan ikan pari besar, membutuhkan ruang yang cukup besar sebelum memulai memeliharanya.

Spesies ini biasanya dipelihara oleh mereka yang ingin mulai memelihara ikan pari hitam. Karena umumnya lebih murah daripada pari jenis Potamotrygon lainnya.

4. Potamotrygon Leopoldi (Black Diamond)

Biasanya dianggap sebagai ikan pari akuarium terbaik, Potamotrygon Leopoldi bahkan lebih agung dari rekannya, Potamotrygon Henlei. Meskipun tidak semua Potamotrygon Leopoldi adalah black diamond, pari ini masih dianggap sebagai variasi dari spesies yang sama.

Leopoldi memiliki tampilan yang jauh lebih bersih dan memiliki bintik-bintik putih yang jauh lebih jelas dibandingkan dengan Henlei.

Kadang-kadang, Henlei mungkin menunjukkan bintik-bintik kekuningan dengan dasar keabu-abuan. Namun, kamu tidak akan melihat ini di Leopoldi dewasa. Black diamond memiliki dasar hitam legam yang bersih dengan lebih banyak bintik putih.

5. Potamotrygon SP (Hibrida)

Karena banyak ikan pari berkerabat dekat, anggota yang berbeda dari satu genus dapat saling berhibridisasi satu sama lain.

Meskipun dianggap tidak diinginkan, beberapa peternak menciptakan variasi ikan pari yang menakjubkan dengan mengawinkan spesies ikan pari yang berbeda.

Baca Juga: 6 Jenis Ikan Pari Air Tawar, Cocok untuk Pencinta Ikan Hias
Mengenal Ikan Pari Manta, Hewan Terlindungi karena Terancam Punah

Sebagian besar ikan pari Potamotrygon SP berharga murah, namun beberapa varietas hibrida menempati urutan teratas pari air tawar yang paling mahal.

6. Ikan Pari Motif Bunga

Flower stingray atau motif bunga adalah ikan pari yang mempunyai motif seperti bunga. Bahkan jika dilihat sekilas, menyerupai batik. Pari motif bunga dapat tumbuh hingga 60 cm. Flower stingray juga masih sangat langka di Indonesia dan harganya sangat tinggi.

Video Terkait