Ikan Arwana Super Red, Arwana Unik Asli Indonesia yang Bernilai Fantastis

Ilustrasi ikan arwana super red (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 23 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Ikan arwana adalah ikan air tawar primitif yang masih dijumpai hingga sekarang. Ia bersifat predator dan menjadi ikan karnivora. Meski begitu, ikan ini sangat populer bagi pecinta ikan hias di seluruh dunia. Salah satu jenis yang paling banyak digemari adalah ikan arwana super red.

Ciri-ciri ikan arwana super red

Ikan arwana jenis ini menjadi arwana asli Indonesia, sebab habitatnya berasal dari sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Provinsi Kalimantan Selatan.

Warna merah penuh tampak pada sirip ikan muda, pada bibir dan juga sungut. Menjelang dewasa, warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah.

Varietas ikan arwana super red

Ikan Arwana merah dikelompokkan menjadi 4 varietas, yaitu:

1. Merah Darah (Blood Red)
2. Merah Cabai (Chili Red)
3. Merah Orange (Orange Red)
4. Merah Emas(Golden Red).

Keempat varietas ini secara umum diberi julukan Super Red atau Merah Grade Pertama (First Grade Red), meskipun dalam perkembangannya super red lebih merujuk pada Merah Cabai dan Merah Darah. Sedangkan dua varietas terakhir lebih sering di anggap sebagai super red dengan grade lebih rendah.

Harga ikan arwana super red dan jenis arwana lainnya

Tingginya minat dan permintaan pasar akan ikan arwana super red, menyebabkan harga ikan arwana super red sangat melambung tinggi. Selain itu berkat warna merah mencolok, membuatnya sangat unik dan beda dari yang lain. Ciri khas warna merah yang dimilikinya disinyalir menjadi salah satu alasan mengapa harga ikan arwana ini bisa mencapai 50 juta rupiah.

Selain itu faktor lainnya adalah keberadaan ikan arwana ini di alam bisa dikatakan terancam punah.

Meski status perlindungannya sudah masuk Appendix I CITES, namun pada dasarnya ikan arwana tetap diperbolehkan secara hukum asalkan berdasarkan dari hasil penangkaran.

Berikut adalah jenis-jenis ikan arwana lainnya yang memiliki nilai jual tinggi:

1. Ikan Arwana Black Golden (Rp18.000.000)

Di pasar ikan Indonesia, harga ikan arwana black golden berada dikisaran harga 18 juta rupiah. Ikan ini memiliki perpaduan warna emas dan hitam yang unik pada sisiknya.

Harga ikan ini masih termasuk sangat mahal. Hal ini dikarenakan ikan yang berasal dari Kota Penang, Negeri Jiran ini tinggal di daerah rawa dan sulit untuk ditemukan.

2. Ikan Arwana Cross Back Golden (Rp18.000.000)

Ikan dengan nama latin Scleropages formosus ini, pada dasarnya berasal dari daerah Perak, Tyrengganu, danau Bukit Merah, dan Johor, Malaysia. Ikan ini sangat menawan berkat keberadaan warna emas di bagian punggungnya.

Dikarenakan faktor yang cukup sulit untuk menemukan ikan arwana cros back golden ini, membuat harga bisa mencapai Rp18 jutaan. Diketahui ikan ini juga merupakan salah satu ikan arwana besar karena dapat tumbuh mencapai ukuran 90 cm dengan berat 17 kg.

3. Ikan Arwana Batik (Rp56.000.000)

Nama ikan arwana ini sesuai dengan bentuknya. Sebab ikan yang satu ini memiliki corak tubuh yang berbentuk seperti pola kain batik yang cantik.

Berkat keindahan dari corak yang sangat unik dan berbeda dari yang lain ini, membuat harga ikan arwana batik bisa mencapai Rp50 jutaan.

Baca Juga: Ikan Arwana Super Red, Arwana Unik Asli Indonesia yang Bernilai Fantastis
Mengenal Ikan Arwana Silver, yang Harganya Bisa Mencapai Miliaran Rupiah

4. Ikan Arwana Platinum (Rp5.700.000.000)

Ikan arwana yang paling cantik jatuh pada jenis arwana platinum. Ikan arwana platinum memiliki keunikan dengan warna putih mengilap yang cantik dengan tekstur yang sangat halus.

Tampilannya yang sangat indah dan mempesona ini disebut-sebut menjadi alasan mengapa ikan ini menjadi jenis ikan arwana termahal di dunia. Bahkan harga ikan yang satu ini ada yang mencapai miliaran rupiah.

Video Terkait