Tantangan Terbesar Penerapan Ekonomi Biru Menurut Pakar

Ilustrasi - Terumbu karang. (Antara/HO-KKP)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 22 Mei 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Dr Taryono Kodiran mengungkapkan tantangan terbesar ekonomi biru adalah memanfaatkan laut secara lebih berkelanjutan. Ekonomi biru adalah ekonomi berbasis potensi laut

Revolusi sistem ekonomi dan produksi pangan global memberikan peluang besar pada konsep revolusi ekonomi biru. Indonesia memiliki kebijakan terkait ekonomi biru yang tercermin dalam Undang Undang Nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan. Penekanannya pada inovasi berkelanjutan yang mampu mendukung dan menjaga fungsi ekosistem laut.

"Ekosistem laut harus memiliki nilai ekonomi dan aktivitas dalam bentuk barang maupun jasa lingkungan. Konsep ini juga harus berfokus pada inklusivitas," ujarnya dalam webinar Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam Sekolah Pascasarjana Universitas Andalas, dikutip dari keterangan tertulis IPB University, Minggu (22/5/2022)..

Menurut pakar pengelolaan sumber daya pesisir dan perairan itu., modal berupa sumber daya laut, keberlanjutan dan sosial ekonomi menjadi dasar dari ekonomi biru berkelanjutan. Riset bersama memiliki kewajiban agar modal tersebut bisa termanfaatkan dengan baik.

"Hasil riset juga harus mampu menjamin aspek keberlanjutan sehingga perlu penguatan kelembagaan yang mampu membawa fungsi-fungsi modal tersebut berjalan sesuai yang diharapkan. Utamanya semua pihak berperan untuk menjamin keberlanjutan dari setiap hasil riset ekonomi biru,” terangnya.

Dia menjelaskan, tingkat pembangunan ekonomi biru dapat diukur dengan menggunakan Blue Economy Development Index (BEDI). Beberapa indikator yang digunakan berupa modal sumber daya laut, faktor pendukung, modal sosial serta pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Indeks ini dapat mengukur tingkat kesiapan pembangunan ekonomi biru di Indonesia," katanya.

Baca Juga: Tantangan Terbesar Penerapan Ekonomi Biru Menurut Pakar
Indonesia Bisa Menjadi Pengekspor Udang Terbesar di Dunia



Menurut dia, konsep ekonomi biru dapat diterapkan seperti kawasan Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP).

"Bahwa laut memiliki karakteristik dan sistem yang mungkin bisa dipilah-pilah. Sektor-sektor ekonomi biru yang masih berkembang seperti budidaya perikanan hingga jasa dan produk laut berteknologi tinggi juga membutuhkan keterlibatan berbagai pihak," pungkasnya.

Video Terkait