Manfaat Ikan Sarden yang Tak Terduga, Salah Satunya Tingkatkan Fungsi Saraf

Ilustrasi ikan sarden (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Ikan sarden adalah salah satu spesies ikan yang sering dikonsumsi masyarakat. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil, berwarna keperakan, serta kandungan minyak yang tinggi.

Biasanya ia banyak diolah menjadi makanan kalengan, yang dikemas dalam air, minyak, saus tomat, dan bumbu lainnya. Sehingga kamu sudah bisa langsung mengonsumsinya setelah dipanaskan.

Namun agar menambah rasa yang melezatkan, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sebagai penyedap.

Manfaat ikan sarden untuk kesehatan tubuh

Meskipun kecil, manfaat ikan sarden tidak kalah besar untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat ikan sarden, berikut ulasannya yang dilansir dari WebWD:

1. Menjaga kesehatan jantung

Omega-3 paling tinggi banyak ditemui ikan berminyak seperti salmon, mackerel, dan juga sarden. Kandungan asam lemak omega-3 ini mampu melindungi sistem kardiovaskular setta berperan untuk menstabilkan ritme jantung, menurunkan trigliserida (lemak dalam darah), dan menjaga arteri agar bebas dari penyumbatan.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan dua porsi per minggu ikan berlemak, yang tidak digoreng, dengan masing-masing porsi sekitar 3,5 ons.

2. Menjaga kesehatan tulang

Umumnya sarden kalengan yang dijual dipasaran, masih bersama tulang dan kulitnya. Sebab ikan ini memang biasanya dikonsumsi hingga ke tulangnya. Dengan begitu, ikan ini menjadi sumber kalsium yang sangat baik.

Ikan sarden menyediakan vitamin D sekitar sepertiga dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dalam setiap harinya. Vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh untuk penting untuk proses ini karena memungkinkan tubuh menyerap kalsium.

Selain itu, ikan sarden juga mengandung fosfor dalam kadar yang tinggi. Senyawa ini juga turut andil untuk menjaga dan menguatkan tulang.

3. Meningkatkan fungsi saraf

Hasil penelitian mengatakan, setidaknya m 40 persen orang dewasa atau yang lebih tua kemungkinan mengalami kekurangan vitamin B12.

Baca Juga: Manfaat Ikan Sarden yang Tak Terduga, Salah Satunya Tingkatkan Fungsi Saraf
5 Ikan Laut Ini Menyeramkan dan Tinggal Dalam Kegelapan

Kondisi ini tentu bukan hal yang baik, sebab dapat menyebabkan fungsi saraf sensorik yang buruk dan masalah dengan saraf perifer.

Masalah ini nantinya dapat mengurangi mobilitas, menyebabkan sering jatuh, hingga menyebabkan kecacatan. Untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi ikan sarden guna mendapatkan vitamin B12.

Vitamin B12 pada ikan sarden jumlahnya tiga kali jumlah B12 yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang.

Video Terkait