Viral Penampakan Ikan Mistis dan Misterius di Danau Ranu Pakis Lumajang

Ilustrasi ikan hiu (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB

Belum lama ini viral video di media sosial memperlihatkan penampakan ikan raksasa mistis dan misterius di Danau Ranu Pakis, Desa Ranu Pakis, Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Penampakan ikan tersebut direkan oleh warga lalu diunggah di media sosial hingga viral.

Sebagian warga setempat meyakini jika ikan raksasa mistis misterius di Danau Ranu Pakis itu merupakan penunggu danau Ranu Pakis. Sementara warga lainnya memperkirakan, ikan raksasa mistis misterius yang disebutkan muncul di Danau Ranu Pakis pada hari Rabu 18 Mei 2022 sekira pukul 15.00 WIB itu sudah berusia ratusan tahun.

Viral penampakan ikan raksasa di danau ranu pakis Lumajang (Istimewa)
Viral penampakan ikan raksasa di danau ranu pakis Lumajang (Istimewa)

Pada videou unggahan disebutkan jika ikan raksasa mistis misterus yang muncul di Danau Ranu Pakis Lumajang itu ada 8 ekor. Tampak dalam video sejumlah warga meneriaki ikan sambil melihat ke arah danau.

"Kata warga sekitar sini sih ikan raksasa misterius itu adalah ikan penunggu danau," kata seorang penjala ikan.

Setiap ikan raksasa mistis misterius itu menampakkan diri, para pemancing yang biasanya mencari ikan di Danau Ranu Pakis langsung menghentikan aktivitasnya dan naik ke darat ketakutan.

"Mereka takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan", katanya.

Akan tetapi, seorang nelayan di Danau Ranu Pakis yang mengaku bernama Idris Baidhowi menjelaskan jika ikan raksasa mistis misterius itu sebetulnya hanyalah kumpulan ikan yang bergerombol.

Menurutnya, penampakan ikan raksasa mistis misterius yang viral itu adalah ikan mas yang diikuti ikan kecil-kecil yang sangat banyak jumlahnya sehingga tampak dari atas danau seperti ikan raksasa.

Sekretaris Desa Ranu Pakis Ahmad Samsul Arifin  mengatakan bahwa ikan raksasa mistis misterius dalam video itu merupakan gerombolan ikan di dalam danau yang mencitrakan bayangan di permukaan air seperti seekor ikan berukuran besar.

"Kalau dilihat dari atas danau memang seperti ikan besar, tetapi sebenarnya itu gerombolan ikan dalam jumlah yang sangat banyak," ujar Ahmad kepa awak media.

Video Terkait