5 Manfaat Ikan Gabus, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Ilustrasi - Ikan gabus haruan. (Antara/HO-KKP)

Editor: Dera - Jumat, 20 Mei 2022 | 16:40 WIB

Sariagri - Ikan merupakan sumber protein hewani yang bagus untuk tubuh, salah satunya adalah ikan gabus. Ikan yang umum ditemukan di wilayah Indonesia hidup di perairan air tawar.

Ikan gabus termasuk ikan predator, sebab ia memangsa ikan dan hewan hewan kecil di habitatnya. Tak sulit untuk menemukan ikan ini di wilayah Indonesia. Maka dari itu, mengonsumsinya bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan protein hewani.

Kandungan yang terkenal dari ikan gabus adalah albuminnya. Di mana albumin merupakan plasma darah yang berfungsi untuk menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan lain. Singkatnya albumin akan menjaga sistem darah dalam tubuh. 

Berikut manfaat ikan gabus yang bisa membantu memperbaiki gizi buruk.

1. Perbaiki gangguan gizi buruk

Gizi buruk bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan albumin. Jika tubuh kekurangan albumin akan menyebabkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak mampu beredar dengan baik ke seluruh tubuh. 

Ikan gabus yang kaya akan albumin bisa mengatasi masalah tersebut. Rutin mengonsumsinya akan membantu memperbaiki jaringan tubuh yang kekurangan zat albumin. 

2. Menjaga sistem pencernaan

Ikan ini mengandung tinggi kolagen yang lebihh rendah dibanding dengan daging dan mengandung sekitar 3-5% dari keseluruhan total kandungan protein kolagen di dalamnya. 

Protein kolagen akan memperkuat lapisan pelindung pada saluran pencernaan. Sehingga pencernaan akan lebih sehat dan membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang akan dicerna oleh tubuh.

3. Mempercepat penyembuhan luka 

Ikan jenis ini juga dikenal cukup baik untuk mempercepat penyembuhan luka. Mungkin kamu sering dengar jika seseorang yang baru saja dioperasi dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak ikan gabus. Hal itu disebabkan oleh kandungan albumin yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. 

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Gabus, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi
Mengintip Keajaiban Ikan Makarel, Cocok untuk Penderita Hipertensi

4. Membantu pertumbuhan otot

Ikan ini mengandung tinggi protein dibanding dengan jenis ikan tawar lainnya. Tak hanya itu, protein ikan ini juga dianggap tak kalah dari protein sapi, ayam, bahkan telur. Dalam 100 gram ikan ini memiliki sekitar 16,2 gram protein. Hal itulah yang membantu perkembangan tubuh termasuk proses pertumbuhan dan pembentukan otot.

5. Menjaga kesimbangan cairan tubuh

Tak hanya berfungsi untuk menyembuhkan luka, kandungan albumin dalam ikan ini juga berfungsi sebagai penjaga kesimbangan cairan dalam tubuh. Seperti yang sudah disebutkan bahwa albumin dapat menjaga lapisan cairan tubuh agar tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya.

Video Terkait