Ini Perbedaan Mendasar Penangkapan Ikan Terukur dan Konvensional

Ilustrasi - Aktivitas nelayan. (KKP)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 18 Mei 2022 | 12:20 WIB

Kebijakan penangkapan ikan terukur merupakan amanah Undang-undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. Kebijakan ini diterapkan untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan demi terwujudnya laut yang sehat untuk Indonesia sejahtera.

Sebelumnya, penangkapan ikan melalui input control. Kelemahannya cara seperti itu belum bisa mengendalikan sumber daya ikan yang dimanfaatkan secara optimal. 

“Melalui penangkapan ikan terukur, kegiatan penangkapan ikan akan dilakukan berbasis output control dengan memanfaatkan potensi sumber daya ikan yang ada,” ujar Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Muhammad Zaini Hanafi dalam bimtek tahap dua penangkapan ikan terukur di Surabaya, Selasa (17/5/2022).

Untuk mengimplementasikan penangkapan ikan terukur, lanjut Zaini, salah satu yang disiapkan melalui peningkatan peran pelabuhan perikanan sebagai garda terdepan pendaratan ikan untuk menerapkan pemungutan PNBP pascaproduksi dan sistem kontrak.

“Saya minta sarana dan prasarana di pelabuhan perikanan harus lebih baik untuk mendukung penangkapan ikan terukur. Pagar pembatas di area pendaratan ikan di dermaga segera disiapkan, agar ikan yang didaratkan tidak keluar dermaga tanpa sepengetahuan petugas di pelabuhan perikanan,” tandasnya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Mendasar Penangkapan Ikan Terukur dan Konvensional
636 ABK dan Nahkoda Tidak Bekerja Akibat Kebakaran Kapal Nelayan

Selain fasilitas di pelabuhan perikanan, pihaknya  juga mendorong peningkatan kapasitas SDM petugas yang ada. Seperti para syahbandar perikanan, para pengolah data dan verifikator data pendaratan ikan, termasuk para petugas inspeksi mutu di pelabuhan perikanan.

Sariagri - Dalam bimbingan teknis itu tidak hanya materi dan pendalamannya, praktik dan simulasi penggunaan timbangan elektronik juga dilakukan mulai dari ikan didaratkan hingga diverifikasi hingga proses penetapan nilai produksi yang didaratkan dan terbitnya surat tagihan PNBP pascaproduksi.

 

Video Terkait