Jaga Agar Tidak Punah, 100.000 Benih Ikan Nilem Ditebar di Perairan Bali

KKP tebar benih ikan nilem di Bali.(KKP)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 17 Mei 2022 | 16:25 WIB

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan tebar ikan endemik di Danau Tamblingan, Bali. Kegiatan ini dalam rangka menjaga dan melestarikan ikan endemik dari kepunahan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, mengatakan kegiatan ini juga bertujuan mengembalikan fungsi perairan umum sebagai ekosistem yang seimbang, serta  meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan ikan endemik atau ikan lokal agar terhindar dari kepunahan. Salah satunya dengan melakukan tebar benih ikan ikan lokal di perairan-perairan potensial di Indonesia. Seperti di Danau Tamblingan ini dengan penebaran benih ikan nilem," ujarnya. 

Tebe meminta pemerintah daerah senantiasa memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan.

"Kegiatan seperti ini rutin kami lakukan. Dan kami meminta dalam hal ini pemerintah daerah agar sama-sama mendukung, serta partisipasi masyarakat sekitar untuk selalu menjaga perairan yang ditebar benih ikan tersebut terutama menjaganya dari pencemaran limbah dan sampah agar benih ikan yang ditebar dapat tumbuh dan berkembang biak, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar," katanya.

Baca Juga: Jaga Agar Tidak Punah, 100.000 Benih Ikan Nilem Ditebar di Perairan Bali
Budidaya Bandeng Berhasil, Lahan Tambak di Gresik Jangan Dialihfungsikan

Selain bantuan 100 ribu ekor benih ikan nilem yang merupakan hasil produksi Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, dia mengungkapkan upaya lain dalam pelestarian sumber daya ikan di perairan umum dan mendongkrak produksi ikan. Caranya dengan budidaya ikan menggunakan sistem bioflok

"Perikanan budidaya adalah masa depan perikanan nasional. Makanya mari kita bersama-sama melestarikan dan menjaganya agar produktivitas perikanan budidaya kita terus naik, serta memberikan kontribusi lebih terhadap bangsa dan negara," pungkasnya.

Sariagri -  

Video Terkait