Mengenal Ikan Gua Batu Meksiko dan Cara Mereka Hidup

Ikan Gua Buta Meksiko (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 16 Mei 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Banyak sekali spesies laut yang tersebar di seluruh dunia. Ada beberapa jenis ikan yang sayangnya terlahir tanpa memiliki mata.

Namun, apakah ini sebagai bagian dari proses evolusi alami mereka?

Untuk itu, ada baiknya kamu mengenal salah satu spesies lautan unik satu ini yang bernama Ikan Gua Buta Meksiko atau Tetra Gua Buta. Dalam habitat aslinya, ikan ini berada pada kegelapan sepanjang hidupnya.

Jenis ikan ini terbagi menjadi dua, ada yang berpenglihatan baik dalam sungai dan yang buta dengan tubuh semitransparan. Kemungkinan, jenis yang buta ini mulai berevolusi sekitar 20 ribu tahun lalu seiring beberapa ikan itu yang mendiami gua-gua batu kapur antara Meksiko tengah dan Texas selatan bawah tanah yang gelap.

Selama bertahun-tahun, keturunan mereka berevolusi untuk kehilangan mata dan pigmentasi, dan kemudian dikenal sebagai tetra Meksiko yang tinggal di gua (hypogean).

Ikan gua Meksiko adalah ikan teleost yang termasuk dalam ordo Characiformes. Mereka adalah troglodytes, artinya mereka menghabiskan hidup mereka dalam kegelapan gua di Meksiko Utara.

Mengutip Phys, dalam studinya itu peneliti mengamati ikan tetra buta ini bergerak sepanjang waktu, namun pada nyatanya ikan ini hanya memiliki sedikit akses ke nutrisi.

Teka-teki cara ikan buta ini bertahan hidup terjawab setelah peneliti mengambil sampel darah ikan cavefish. Hasilnya, peneliti menemukan ikan yang bernama ilmiah Astyanax mexicanus ini menghasilkan lebih banyak hemoglobin melalui sel darah merah yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ikan yang hidup di permukaan.

Hemoglobin sendiri membantu tubuh membawa oksigen dan karbondioksida antara sel, organ ikan, dan insangnya. Peneliti berasumsi untuk menghasilkan lebih banyak hemoglobin, ikan harus memiliki hematokrit yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mengenal Ikan Gua Batu Meksiko dan Cara Mereka Hidup
Jangan Salah Pilih, Begini 5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar

Hematokrit merupakan ukuran klinis dari kontribusi relatif sel darah merah dalam darah utuh. Sel darah merah ikan cavefish diketahui juga lebih besar dibandingkan dengan ikan yang hidup dipermukaan.

Tim peneliti sendiri telah mempelajari bagaimana ikan ini dapat hidup. Mereka menemukan bahwa tengkorak ikan asimetris dapat menavigasi mereka tanpa indera penglihatan.

Video Terkait