LED Hijau Tingkatkan Pertumbuhan Ikan hingga 60 Persen

LED hijau untuk ikan. (Loomis)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 13 Mei 2022 | 17:50 WIB

Sariagri - Universitas Kitasato di Tokyo, Jepang telah mengembangkan teknik "pertanian berbasis cahaya" yang membuat varietas ikan pipih atau flatfish, seperti halibut dan flounder atau ikan sebelah, tumbuh 60 persen lebih cepat.

Peneliti utama, Takahashi Akiyoshi, adalah seorang profesor biosains kelautan di Sekolah Biosains Kelautan Universitas Kitasato, dan salah satu penemu teknik "pertanian cahaya". Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di situs berita Jepang, Nippon.com, Takahashi menemukan bahwa menggunakan lampu LED berwarna hijau mampu meningkatkan pertumbuhan yang signifikan pada ikan flounder atau ikan sebelah.

Penelitian Takahashi dimulai pada tahun 2000-an ketika ia dan rekan penelitiannya bereksperimen dengan menumbuhkan barfin flounder. Mereka menemukan bahwa ikan flounder yang dipelihara di dalam tangki berwarna putih lebih kecil kemungkinannya untuk menghitam dibandingkan dengan yang hidup di tangki hitam. Mereka juga memperhatikan bahwa sirip flounder barfin di tangki putih tumbuh lebih cepat.

Setelah bereksperimen dengan lampu merah, biru, dan hijau, para ilmuwan menemukan bahwa lampu hijau menyebabkan percepatan pertumbuhan yang nyata. Takahashi dan Yamanome mempublikasikan temuan mereka pada 2009. Studi tersebut menyimpulkan bahwa di bawah lampu hijau, flounder berenang lebih cepat, makan lebih banyak, dan tumbuh lebih cepat. Mereka berteori bahwa dari tiga warna utama yang membentuk sinar matahari, hijau adalah warna yang paling mudah mencapai habitat dasar laut ikan.

"Flatfish sangat mahir membedakan warna, terutama dalam hal kepekaan dan kemampuan mereka untuk membedakan, terutama lampu hijau," kata Takahashi di nippon.com.Baca Juga: LED Hijau Tingkatkan Pertumbuhan Ikan hingga 60 Persen
Pos Lelaki, Layanan Karantina Ikan Kolaborasi PT Pos dan KKP



Pada saat yang sama, keingintahuan ilmiahnya tetap tidak terpuaskan. "Dari segi teknologi, kami berhasil menemukan metode pertanian ringan. Namun, pertanyaan mengapa lampu hijau efektif belum sepenuhnya dijawab secara ilmiah." ujarnya.

Ia menegaskan bahwa memahami mekanisme yang menghubungkan paparan cahaya dengan pertumbuhan ikan akan menghasilkan kemajuan ilmiah, dan sekaligus akan memberi pemahaman tentang jenis ikan apa yang cocok untuk budidaya ikan dengan cahaya, serta lingkungan mana yang lebih cocok untuk pendekatan tersebut.

Penelitian terhadap teori ini masih terus dilakukan. Jika teknik ini menjadi lebih luas, ini dapat membantu memecahkan masalah seperti penurunan tangkapan dan penurunan swasembada pangan.

 

Video Terkait