5 Jenis Udang Laut yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia

Ilustrasi udang vaname (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 13 Mei 2022 | 12:50 WIB

Sariagri - Udang laut adalah komoditas laut yang sangat populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Ia dapat dimasak menjadi berbagai jenis menu masakan yang mengguggah selera, seperti tumis pedas manis, tumis asam manis, tumis saus tiram, di goreng, di bakar, dan masih banyak lagi..

Sebenarnya udang tidak hanya hidup di laut, ada jenis udang yang hidup di air tawar. Namun kebanyakan orang menyukai udang laut besar, karena rasanya yang lebih gurih dan lezat.

Kandungan dan manfaat udang laut

Tidak hanya lezat, kandungan udang dari laut juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Udang tinggi akan kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, protein, zinc, asam lemak omega 3 dan 6, antioksidan, dan yodium.

Berkah kandungan tersebut, udang ini memberi manfaat bagi tubuh, seperti misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang, dan lain-lain

Jenis jenis udang laut yang bisa dimakan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis udang laut yang paling digemari oleh banyak orang, diantaranya adalah:

1. Udang jerbung

Udang yang punya nama lain sebagai udang putih ini menjadi udang yang paling mudah ditemui, baik itu di pasar tradisional maupun di supermarker.

Ciri dari udang ini yaitu memiliki cangkang yang tipis dan licin berwarna putih kekuningan. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, namun pernah ada yang menemukan udang jerbung ini mencapai lebih dari 20 cm.

Udang ini sangat lezat, ditambah dengan tekstur daging yang padat, sehingga sangat cocok dimasak dengan cara dikukus, direbus, ataupun digoreng.

Namun, jika ingin membakar sebaiknya jangan memilih udang ini sebab akan cepat gosong.

2. Udang dogol

Jika udang jerbung disebut dengan nama udang putih, berbeda dengan udang dogol. Udang ini juga banyak dikenal dengan nama pink shrimp.

Hal ini dikarenakan warna cangkangnya yang sedikit merah muda dan agak kekuningan. Ukurannya cukup kecil, sehingga pas banget untuk dikonsumsi sehari-hari atau campuran salad.

Alasan itulah yang membuatnya juga sering dikenal sebagai udang salad. Selain itu, menu lain yang biasa diolah dari udang ini adalah udang goreng tepung, yang mana akan menambah rasa gurih dan juga renyah.

3. Udang rebon

Rebon adalah udang dari laut yang ukurannya paling kecil ini tidak kalah dengan jenis udang lainnya. Meski tubuhnya hanya berukuran 2-3 cm saja, namun kandungannya kaya gizi lho!

Ia banyak dimanfaatkan menjadi berbagai olahan, seperti abon, kerupuk, serta terasi. Selain itu, udang rebon juga dapat diolah sebagai campuran rempeyek, perkedel, dan sambal.

4. Udang windu

Jenis udang windu atau tiger shrimp juga dikenal dengan nama udang pancet. Ia banyak ditemukan di sepanjang pantai Australia, Asia Selatan, Afrika Timur, serta Asia Tenggara.

Udang ini memiliki cangkang yang cukup tebal dengan warna hijau atau merah dan juga garis gelap melintang.

Ukuran tubuhnya tidak kecil tetapi juga tidak terlalu besar, sehingga pas jika dimasak dengan cara dibakar ataupun digoreng juga sangat nikmat.

5. Udang vaname

Udang selanjutnya adalah udang vaname. Udang ini memiliki harga yang relatif mahal, sebab menjadi salah satu jenis udang laut paling populer diantara jenis jenis udang laut lainnya.

Baca Juga: 5 Jenis Udang Laut yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia
Kandungan Udang Rebon, Beserta Manfaat yang Ada di Dalamnya

Bahkan saking digemarinya, udang ini sangat cepat habis diburu. Ditambah lagi tekstur daging yang dimilikinya sangat empuk dan juga nikmat.

Karena banyak dicari, banyak para budidaya yang membudidayakan udang vaname. Apalagi proses budidaya udang yang satu ini terbilang lumayan cepat. Ia juga bisa dibudidayakan di tambak maupun kolam.

Video Terkait