Nelayan Ini Tangkap Ikan Pari Air Tawar Raksasa yang Terancam Punah

Ikan Pari raksasa. (Natgeo)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 11 Mei 2022 | 17:05 WIB

Sariagri - Nelayan di Kamboja terkejut secara tidak sengaja menangkap ikan pari air tawar raksasa yang terancam punah saat memancing di Sungai Mekong. Ikan pari raksasa berukuran panjang 4 meter dengan berat hingga 180 kilogram.

Dilansir phys.org, Leviathan betina merupakan salah satu spesies ikan terbesar dan terlangka di Asia Tenggara telah tertangkap secara tidak sengaja di Provinsi Stung Treng.

Sebuah tim ahli internasional pada proyek US-funded Wonders of the Mekong bekerja sama dengan para nelayan untuk melepaskan kail pancing dari pari tersebut sebelum menimbang, mengukur dan melepaskannya kembali ke sungai tanpa cedera.

Sungai Mekong adalah habitat penting bagi beragam spesies besar dan kecil. Zeb Hogan, seorang ahli biologi ikan dari University of Nevada mengatakan ekosistem bawah laut Sungai Mekong masih kurang dipahami.

"Mereka adalah dunia yang tidak terlihat, kurang dihargai dan tidak terlihat," kata Zeb Hogan dikutip phys.org.

Ada lebih dari 1.000 spesies ikan menjadikan Sungai Mekong sebagai rumahnya, dan menurut Hogan, ikan pari bukan satu-satunya ikan raksasa yang bersembunyi di perairan berlumpur Sungai Mekong.

Ikan lele raksasa dan duri raksasa mencapai panjang tiga meter dengan berat 270 kilogram juga pernah ditemukan. Menurut penelitian tim ahli, lokasi terpencil di mana ikan pari raksasa ditangkap memiliki genangan dengan kedalaman hingga 80 meter dan dapat menampung spesimen yang lebih besar.

Baca Juga: Nelayan Ini Tangkap Ikan Pari Air Tawar Raksasa yang Terancam Punah
Agenda Poros Maritim Dunia Kandas, Pakar: Akibat Kuantitas Ekspor Indonesia



Namun, rekaman video bawah air menunjukkan adanya sampah plastik di bagian terdalam Sungai Mekong bersama jaring bekas nelayan yang masih bisa menjerat ikan. Pemerhati lingkungan telah lama menyuarakan keprihatinan tentang pembangunan bendungan di sepanjang Sungai Mekon akan menghancurkan stok ikan.

Sungai Mekong mengalir mulai dari Cina, berbelok ke selatan melalui Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam telah memberi makan lebih dari 60 juta orang melalui cekungan dan anak sungainya.

 

Video Terkait