3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Budidaya Ikan Manyung

Ilustrasi ikan manyung (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 2 Mei 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Ikan manyung adalah ikan laut yang masih kerabat dengan ikan berkumis layaknya lele atau patin. Meski satu keluarga namun ikan manyung memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Jika kepala ikan manyungmemiliki berat sekitar 4 kg, maka berat keseluruhan ikan ini bisa mencapai 40 kg. Tidak hanya ikan patin dan ikan lele, prospek budidaya ikan manyung juga tidak kalah menjanjikan.

Ikan ini kerap dijadikan ikan asin jambal roti. Kandungan nutrisi ikan ini sangat baik untuk kesehatan, sehingga menjadikan manyung memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Lantas kira-kira bagaimana cara budidaya ikan manyung bagi para pemula? Yuk simak pembahasannya disini.

1. Mempersiapkan tempat untuk budidaya

Secara umum, usaha budidaya ikan manyung tidaklah sesulit yang dibayangkan, bahkan bisa dilakukan dengan modal yang kecil.

Modal yang dimaksud disini lebih merujuk pada lokasi atau tempat budidaya di rumah, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja baik orang tua maupun anak muda.

2. Peralatan yang dibutuhkan

Setelah mendapatkan lokasi budidaya, langkah selanjutnya adalah peralatan yang dibutuhkan untuk proses budidaya ikan. Peralatan dan perlengkapan menjadi sesuatu yang sangat penting.

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Budidaya Ikan Manyung
Keistimewaan Ikan Manyung, Makanan Lezat yang Kaya Manfaat

Ada beberapa jenis perlengkapan yang harus Sobat Agri persiapkan, dimulai dari menyiapkan bibit ikan manyung, selang, paralon, peralatan pembersih, jerigen hingga drum. Semua peralatan untuk digunakan kolam budidaya bisa kamu aplikasikan, dalam bentuk permanen ataupun semi permanen.

3. Hitung modal budidaya ikan manyung

Selanjutnya lakukan perhitungan modal untuk budidaya ikan manyung ini. Menghitung modal ini menjadi perhatian khusus dalam proses budidaya, kamu juga harus cermat dalam merencanakan anggaran membudidaya ikan manyung di rumah.

Demikian tiga cara yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan manyung. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sobat Agri!

Video Terkait