Apakah Ikan Punya Telinga? Berikut Penjelasannya

Ilustrasi Ikan (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 13 April 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Paus dan lumba-lumba merupakan hewan mamalia laut yang diketahui bisa mendengar dengan frekuensi tertentu. Meski hidup di dalam air, paus bisa mengetahui dari mana suara itu berasal.

Pendengarannya pun jauh lebih baik dari pendengaran manusia. Bahkan menurut beberapa penelitian, paus dapat mendengar dengan frekuensi suara yang lebih tinggi dari manusia.

Lantas, apakah ikan lainnya juga bisa mendengar?

Berdasarkan jurnal Trend in Ecology and Evolution, Dr Slabbekoorn dan para koleganya di Belanda, Jerman dan Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa kehidupan bawah laut tidaklah sesepi yang diperkirakan manusia.

Setiap spesies ikan memiliki kemampuan dan sensitivitas berbeda dalam hal pendengaran. Secara umum, ikan mampu mendengar suara yang berfrekuensi antara 30-1000Hz. Meski dengan adaptasi khusus beberapa jenis ikan mampu mendengar suara dengan frekuensi lebih tinggi yaitu antara 3000-5000 Hz.

Lalu di mana letak telinga ikan?

Jika dilihat sepintas, ikan tidak memiliki telinga. Namun, sebenarnya ikan juga memiliki telinga sebagaimana hewan lainnya. Hanya saja, telinga ikan tidak terlihat dari luar.

Anatomi alat pendengaran ikan berbeda dengan manusia dan beberapa hewan yang memiliki daun telinga. Telinga ikan terletak di bagian dalam yang tertutup kulit luar kepalanya. Sama seperti kita, telinga tersebut berada pada kedua sisi kepala.

Meski telinga ikan berada di dalam, telinganya sangat berfungsi dengan baik. Bahkan, bisa dibilang pendengaran ikan cukup tajam. Oleh sebab itu, sebenarnya ikan bisa mendengarkan suara yang ada di sekelilingnya.

Baca Juga: Apakah Ikan Punya Telinga? Berikut Penjelasannya
Lawan Kodrat! Ilmuwan Israel Latih Ikan Mas Berjalan di Darat

Berdasarkan hasil penemuan dari National Wildlife Federation, selain dapat mendengar suara, ikan juga bisa merasakan getaran. Beberapa jenis ikan bisa merasakan gerakan pada air di sekitarnya. Bahkan, ikan hiu pun memiliki kemampuan yang tajam untuk merasakan listrik.

Karena itu, apabila ada suara-suara yang mengagetkannya, ikan akan segera menyelamatkan dirinya dengan menjauh dari sumber suara itu.