7 Fakta Lembu Laut, Kerabat Gajah yang Selalu di Dalam Air

Lembu laut. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Kamis, 7 April 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Lembu laut adalah mamalia air besar dari famili Trichechidae. Tubuhnya dapat mencapai panjang hingga 4,5 meter atau lebih.

Hewan Lembu laut dan dugong sering disamakan, padahal keduanya adalah hewan berbeda. Lembu laut memiliki ekor berbentuk dayung dan mirip berang-berang serta bergerak vertikal saat berenang.

Sementara dugong memiliki memiliki ekor dengan tonjolan runcing di ujungnya, seperti paus atau lumba-lumba. Hewan ini biasanya sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok kecil yang terdiri dari enam atau lebih sedikit.

Sebagai herbivora, lembu laut menghabiskan banyak waktunya dengan memakan rumput di air dangkal. Hewan ini mendiami kawasan di Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Laut Karibia.

Beberapa laporan mengatakan bahwa lembu laut berkerabat dekat dengan gajah. Gajah diketahui berevolusi dari daratan menuju lautan. Kerabat lainnya dari hewan yang juga disebut manatee ini adalah hyrak dan dugong.

Mengutip berbagai sumber, berikut fakta lain tentang hewan lembu laut.

1. Populasi di Alam

Ada tiga spesies yang dibedakan terutama berdasarkan tempat tinggalnya. Lembu laut Hindia Barat tersebar di sepanjang pantai timur Amerika Utara dari Florida hingga Brasil.

Spesies Amazon mendiami Sungai Amazon dan Afrika berenang di sepanjang pantai barat dan sungai-sungai Afrika.

2. Ancaman terhadap Kelangsungan Hidup

Hewan besar ini bergerak lambat dan sering berada di perairan pantai dan sungai. Hal tersebut membuat pemburu dan menangkapnya dengan mudah untuk diambil kulit, minyak, dan tulangnya.

Jumlahnya bahkan menurun sepanjang abad terakhir, sebagian besar karena perburuan. Meski dilindungi undang-undang, hewan ini tetap menghadapi ancaman.

Hewan yang lemah lembut ini sering kali secara tidak sengaja tertabrak perahu motor di perairan yang semakin padat. Terkadang terjerat jaring ikan.

3. Tidak Pernah Meninggalkan Air

Hewan ini tidak pernah meninggalkan air. Dari atas permukaan air, hidung dan lubang hidung hewan ini seringkali menjadi satu-satunya yang terlihat.

Namun biasanya mamalia ini muncul untuk mencari udara setiap 5 menit. Hal tersebut tergantung pada tingkat aktivitasnya.

Saat beristirahat, mamalia air ini dapat menahan napas hingga 20 menit. Saat mengeluarkan energi dalam jumlah besar, hewan ini dapat muncul ke permukaan sesering setiap 30 detik.

4. Makan Lebih dari Sepersepuluh Berat Badannya

Seperti yang disebutkan bahwa mamalia ini adalah herbivora. Mamalia ini memakan 60 spesies tanaman bawah air, tetapi lebih sering memakan lamun di sepanjang dasar perairan.

Makanan yang hewan ini konsumsi menjadi indikator yang baik untuk kesehatan ekosistem. Ketika mamalia ini berkembang, itu berarti lingkungan terdekatnya juga berkembang.

5. Tidak Bisa Menoleh

Hewan ini tidak memiliki tulang belakang leher yang dimiliki kebanyakan mamalia lain. Hal tersebut berarti membuat hewan ini harus membalikkan seluruh tubuhnya jika ingin melihat-lihat.

6. Mengilhami Legenda Putri Duyung

Makhluk seperti sapi ini dianggap telah mengilhami legenda putri duyung. Selama perjalanan pertamanya ke Amerika, Christopher Columbus melihat sekilas tiga putri duyung.

Ia kemudian menulis bahwa "mereka tidak begitu cantik seperti yang dikatakan, karena wajah mereka memiliki beberapa ciri maskulin."

Baca Juga: 7 Fakta Lembu Laut, Kerabat Gajah yang Selalu di Dalam Air
80 Lumba-lumba Mati di Laut Hitam, Diduga Akibat Jaring Penangkap Ikan

7. Terdapat Peringatan Bulanan

November adalah Manatee Awareness Month, sebuah dedikasi tahunan selama sebulan di Florida dan sekitarnya. Mantan Gubernur Florida Bob Graham pertama kali mendeklarasikannya.

Peringatan ini pertama kali dilakukan pada 1979, ketika negara bagian mulai menetapkan zona perlindungan di daerah tempat hewan ini berkumpul selama musim dingin.

Video Terkait