7 Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan, Kuatkan Tulang hingga Cegah Kanker

Ilustrasi anggur laut. (Foto Istimewa)

Editor: Putri - Senin, 4 April 2022 | 12:40 WIB

Sariagri - Anggur laut adalah alga yang termasuk dalam Chorophyceae. Di beberapa daerah, alga ini disebut latoh atau lawi-lawi. Saat ini anggur laut sudah menjadi komoditas unggulan.

Mengutip situs DPRD Kabupaten Buleleng, Indonesia memiliki tiga jenis anggur laut yang sudah dibudidayakan, yaitu Caulerpa lentilifera, C. racemosa, dan C. sertularioides. Anggur laut ini relatif mudah dibudidayakan karena hanya menancapkan atau menebar di dalam tambak.

Rasa anggur laut manis dan asin. Tanaman ini juga dikenal sebagai kaviar hijau karena rasanya yang menyerupai kaviar atau telur ikan sturgeon. Saat digigit, alga ini akan meletus mirip telur ikan salmon yang biasa ada dalam masakan Jepang.

Karena manfaatnya sangat populer dan harganya yang unik, harga anggur laut cukup mahal. Per kilogramnya bisa dijual hingga Rp250.000 hingga Rp750.000.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat anggur laut untuk kesehatan.

1. Memperkuat Tulang dan Sendi

Tanmaan ini memiliki kandungan protein, kalsium, dan asam lemak tak jenuh ganda yang sehat yang terdapat pada kelompok omega 3 (DHA, EPA, ALA). Kandungan-kandungan tersebut efektif dalam meredakan peradangan dan mengurangi gejala pengeroposan tulang.

2. Menjaga Kesehatan Mata dan Jantung

Melansir Eat Algae, kandungan asam lemak tak jenuh seperti AA, LA, DHA, EPA, dan ALA membantu meningkatkan kualitas penglihatan dan memori. Selain itu manfaat lainnya adalah menurunkan kolesterol, meningkatkan fluiditas pembuluh darah, dan mencegah oksidasi.

Selain itu, tanaman ini juga diyakini mampu menjaga struktur kolagen kulit di arteri. Hal tersebut membuat tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti seperti stroke, aterosklerosis, serta serangan jantung.

3. Meredakan Sembelit

Karena kalori dan gula yang cukup rendah, bakteri baik yang ada pada tanaman ini dapat bekerja dengan baik di pencernaan.

Hal tersebut membuat pencernaan dapat mencerna makanan dan mengeluarkan limbah makanan secara lebih cepat dan juga efisien.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Antioksidan dan antibakteri yang ada pada tanaman ini menjaga kesehatan kulit dan rambut. Oleh sebab itu banyak digunakan sebagai salah satu bahan produk kosmetik, pelembap, pencerah kulit, dan perawatan kecantikan.

Selain itu, tanaman ini juga mampu memproses kolagen dan antioksidan secara efisien. Hal tersebut membuat kulit tampak awet muda.

Selain itu, lemak yang ada pada tanaman ini meregenerasi membran sel, meningkatkan fluiditas, dan mengurangi mobilitas dinding pori-pori pembuluh darah. Dengan demikian, dapat menurunkan efek samping kulit kering.

5. Membantu Mencegah Obesitas

Tanaman ini mengandung gula yang rendah serta kaya akan protein nabati, vitamin C, kalsium, seng, zat besi dan asam lemak tak jenuh.

Artinya, tanaman ini memiliki nilai gizi tinggi dan baik untuk konsumen yang kelebihan berat badan dan tengah menjalan program diet.

6. Sebagai Antikanker

Dalam tanaman ini terdapat berbagai kandungan termasuk Fucoidan. Fucoidan adalah zat alami yang dianggap sebagai antikanker. Selain itu, ada lignan yang terkandung dalam tanaman ini yang berperan dalam menghancurkan sel kanker.

Tidak hanya kanker, tanaman ini juga dipercaya dapat membantu pengobatan Alzheimer, tuberkulosis, radang sendi, influenza, dan infeksi parasit cacing.

Baca Juga: 7 Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan, Kuatkan Tulang hingga Cegah Kanker
High-five Kembangkan Akuakultur Vertikal Perkotaan Pertama di Dunia

7. Mencegah Penyakit Gondok

Mengonsumsi sebanyak sekitar 100 hingga 150 gram tanaman yang memiliki nama ilmiah Caulerpa sp. Ini diketahui dapat mencegah penyakit gondok. Penyakit gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid yang tidak normal.

Penyakit tersebut bisa muncul dikarenakan tubuh kekurangan yodium. Tanaman ini kaya akan kandungan yodium, sehingga mengonsumsi 30 hingga 40 gram dalam sehari memenuhi kekurangan yodium tersebut dan menghilangkan gondok secara efektif.