6 Kerang Laut Ini Aman Dikonsumsi dan Baik untuk Kesehatan

Budidaya kerang hijau.(Sariagri/Iwan K)

Editor: Putri - Jumat, 1 April 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Kerang laut merupakan salah satu hidangan yang disukai banyak orang. Selain nikmat, kandungan vitamin yang ada pada hewan ini membuat banyak orang ingin mengonsumsinya.

Namun tidak sedikit juga yang khawatir mengonsumsi kerang laut karena bisa menyerap zat berbahaya di habitatnya. Tapi jangan khawatir, yang terpenting adalah cara memilih, pencucian, dan pengolahannya yang benar.

Mengutip berbagai sumber, berikut jenis kerang laut yang aman dikonsumsi.

1. Kampak

Nama lainnya adalah scallop. Scallop memiliki cangkang yang tebal dan keras. Jenis ini dikenal sebagai sumber yang sangat baik dari beberapa mineral, termasuk selenium, seng dan tembaga.

2. Simping

Simping memiliki cangkang yang tipis berwarna putih. Bentuk cangkangnya kerap dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.

Selain itu, simping juga memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan empuk. Simping dianggap jenis yang paling aman untuk dimakan mentah.

3. Jenis Bambu

Bentuk cangkang dari seafood ini mirip dengan ruas bambu. Umumnya, berukuran sebesar jari orang dewasa.
Dagingnya memanjang memenuhi cangkang serta berwarna putih. Jenis ini biasa diolah dengan cara direbus atau ditumis.

4. Kerang Tahu

Jenis yang satu ini memiliki kulit keras dan licin. Terdapat guratan-guratan hitam keabu-abuan di kulitnya. Tekstur dagingnya lembut dan berwarna putih seperti tahu. Jenis ini jufa biasa hadir dalam olahan masakan Cina.

5. Kerang Hijau

Sesuai namanya, cangkangnya pun berwarna hijau dengan bentuk panjang yang melebar. Jenis ini banyak disajikan sebagai hidangan seafood di Indonesia.

Banyak orang khawatir mengonsumsi jenis ini karena sifatnya yang dapat menyerap zat-zat berbahaya seperti logam dan merkuri di habitatnya.

Bukan berarti hal tersebut membuat kamu tidak mengonsumsinya. Dengan pembersihan, pemilihan, dan pengolahan yang tepat, jenis ini bisa dinikmati.

Selain itu, makhluk laut ini memiliki kemampuan adaptasi tinggi. Oleh sebab itu dapat dengan mudah dibudidayakan. Karena dibudidayakan, tentunya lebih aman dari pada yang di ambil langsung dari laut bebas.

6. Tiram

Jenis yang satu ini cenderung pipih dan berkapur, serta keras seperti batu. Meskipun rendah energi, terdapat keunggulan lainnya yaitu kalsium, vitamin A, dan vitamin B12 yang tinggi.

Bahkan, banyak masyarakat pesisir yang percaya bahwa makanan ini ini lebih baik dimakan mentah supaya nutrisinya tidak hilang.

Selain dikonsumsi sebagai seafood, Tiram juga populer sebagai bahan saus untuk bumbu masakan, yaitu saus tiram.

Manfaat Kerang Laut untuk Kesehatan

Kerang Laut memiliki nutrisi luar biasa yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan tersebut di antaranya asam lemak omega-3 dan vitamin B12.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 dari seafood menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini mungkin dikarenakan omega-3 memiliki efek anti-inflamasi.

Nutrisi-nutrisi tersebut juga baik untuk kesehatan otak. Kekurangan kadar vitamin B12 dan omega-3 dalam bisa menjadi faktor risiko masalah perkembangan otak pada anak-anak dan orang dewasa.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa vitamin B12 dan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kesehatan otak.

Karena rendah kalori dan tinggi protein, bisa menjadi pilihan makanan saat diet. Makanan kaya protein membuat merasa kenyang dan puas yang dapat mencegah makan lebih banyak kalori.

Baca Juga: 6 Kerang Laut Ini Aman Dikonsumsi dan Baik untuk Kesehatan
Tips Anti Ribet Memilih Kerang Berkualitas untuk Dikonsumsi

Selain itu karena mengandung zat besi, makanan ini penting untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin adalah protein khusus yang bertugas untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

Tanpa hemoglobin dalam darah, organ-organ tubuh tidak akan berfungsi dengan baik karena kurang oksigen. Dengan mengonsumsi seafood ini, risiko penyakit anemia bisa berkurang.

Video Terkait