5 Laut Terdalam di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Seekor lumba-lumba berenang di Samudra Hindia. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Kamis, 31 Maret 2022 | 17:25 WIB

Sariagri - Luas laut di planet ini dua pertiga permukaan bumi atau sekitar 71 persen. Di beberapa wilayah, terdapat laut terdalam di dunia.

Apa nama palung laut terdalam di dunia? Diketahui adalah palung mariana, yang terletak di Samudra Pasifik.

Kedalaman palung tersebut ekstrem dan merupakan hasil dari subduksi, di mana salah satu dari dua lempeng tektonik bertabrakan turun ke mantel bumi.


Mengutip berbagai sumber, berikut urutan laut terdalam di dunia.

1. Samudra Pasifik

Samudera pasifik memiliki kedalaman hingga 10.911 meter. Tidak heran Samudra Pasifik adalah salah satu laut terdalam di dunia.

Titik terdalam tersebut disebut palung Mariana. Samudra Pasifik memiliki luas mencapai 165,2 juta kilometer persegi atau menguasai 30 persen wilayah bumi.

Samudera Pasifik memiliki gunung tertinggi di dunia yaitu Mauna Kea. Dibandingkan dengan Everest yang memiliki ketinggian 8.949 meter, Mauna Kea mencapai 10.200 meter. Hanya saja sebagian besar badannya berada di bawah permukaan Samudra Pasifik.

2. Samudra Atlantik

Titik terdalam Samudra Atlantik disebut Brownson Deep, yaitu berada di Palung Puerto Rico yang mencapai 8.378 meter. Samudra Atlantik adalah samudra terbesar kedua di dunia karena meliputi seperlima permukaan bumi.

Samudera Atlantik terbagi menjadi dua bagian yaitu Samudera Atlantik Utara dan Samudra Atlantik Selatan. Dibandingkan Samudra Pasifik, Samudera Atlantik tidak memiliki banyak pulau.

Namun Samudera Atlantik memiliki pulau terbesar yaitu Pulau Greenland. Pulau tersebut memiliki luas sekitar 2.166.086 kilometer persegi dan memiliki taman nasional.

3. Samudra Hindia

Samudra Hindia membentang lebih dari 10.000 km antara ujung selatan Afrika dan Australia. Samudra Hindia memiliki tiga titik. Paling dalam adalah Palung Diamantina yang berada di di Barat Daya Perth, Australia Barat.

Kedalaman palung Diamantina mencapai 8.047 meter. Adapun palung kedua yang terdalam di Samudra Hindia adalah Palung Sunda atau Palung Jawa dengan kedalaman 7.725 meter.

Dibandingkan samudra lainnya, Samudra Hindia termasuk hangat. Hal tersebut dikarenakan cekungan yang berada di daerah tropis serta letaknya yang juga berada di garis khatulistiwa. Karenanya air menjadi hangat.

4. Samudra Selatan

Data yang dipublikasikan Geoscience Data Journal menunjukkan bahwa titik kedalaman Samudra Selatan pada 7.432 meter, tepatnya di Palung Sandwich Selatan.

Keadaan cuaca Samudra Selatan atau yang juga disebut Samudra Antarktika sangat ekstrem dengan suhu tepat di atas titik beku.

Kecepatan rata-rata angin di Samudra Selatan sangat kuat dan cepat. Saat musim dingin, perairan selatan akan membeku. Sementara itu, di beberapa titik pantai, angin drainase yang kuat dan intens menerjang wilayah pedalaman.

Kondisi geografis dan arus air yang kompleks membuat fitoplankton tumbuh di area Samudra Selatan. Fitoplankton adalah diatom dan tumbuhan bersel tunggal.

Sementara itu, di perairan dekat pantai terdapat bermacam-macam organisme seperti, hidrozoa sesil, karang, bunga karang, bryozoa, dan isopoda seperti kepiting, cacing polychaete annelid, echinoid, starfish, serta berbagai krustasea dan moluska.

5. Laut Karibia

Laut Karibia adalah bersebelahan dengan Samudra Atlantik dan tenggara Teluk Meksiko. Titiknya adalah Palung Cayman, antara Kuba dan Jamaika, dengan kedalaman 7.686 meter di bawah permukaan.

Baca Juga: 5 Laut Terdalam di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia
Program Padat Karya Terumbu Karang Libatkan 11 Ribu Tenaga Kerja

Banyak pulau-pulau kecil di Karibia, tidak heran jika area ini menjadi tujuan wisata. Terdapat 7.000 pulau di Karibia dan terbagi dalam 28 negara.

Begitu dalamnya, ribuan ikan dan puluhan mamalia bisa ditemukan di area ini. Selain itu, Karibia adalah tempat tinggal bagi 14 persen terumbu karang dunia.

Video Terkait