Awas! Ada Bahaya Mengintai Jika Konsumsi Fresh Oyster

Bahaya mengonsumsi Fresh Oyster. (Live Science)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 23 Maret 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Makanan laut alias seafood termasuk dalam jenis makanan yang cukup banyak digemari. Selain ikan, udang, kerang, dan kepiting, makanan laut tiram juga cukup menjadi favorit karena memiliki rasa dan tekstur yang unik saat dimakan. 

Berbeda dengan makanan laut lainnya, tiram ternyata memiliki cara yang cukup unik saat dihidangkan. Selain dibakar atau dipanggang, tiram atau oyster sering disajikan dengan mentah, alias tidak melalui proses masak tertentu. Jenis makanan laut yang satu ini sering disajikan mentah hanya dengan perasan jeruk.

Di balik keunikannya, ternyata kebiasaan mengonsumsi tiram mentah dapat menyebabkan seseorang keracunan, yang berujung pada kematian. Berdasarkan studi yang dipublikasikan jurnal Biological Sciences (Philosophical Transactions of the Royal Society B), mengonsumsi tiram mentah dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri Vibrio vulnificus dan Vibrio parahaemolyticus.

Infeksi bakteri tersebut dapat menimbulkan gejala keracunan berupa diare, muntah, dan demam. Apabila infeksinya berkembang parah, orang yang mengonsumsi oyster segar dapat berisiko mengalami septikemia, yaitu infeksi darah serius yang berpotensi menyebabkan kematian.

Seperti yang diberitakan Live Science, seorang wanita asal Texas, Amerika Serikat, Jeanette LeBlanc dikabarkan meninggal setelah mengonsumsi tiram mentah. Wanita tersebut meninggal karena mengalami infeksi yang sangat berbahaya.

Tak lama setelah menyantap hidangan tiram mentah, Jeanette mengalami sesak nafas yang disertai dengan munculnya ruam di kedua kakinya. Sayangnya, kondisi kesehatannya terus menurun, dan saat itu dokter mengatakan bahwa ia terinfeksi bakteri Vibrio yang terdapat di daging mentah.

Jadi, apakah oyster tetap boleh dimakan mentah? Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tiram sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal ini guna menghindari keracunan akibat kontaminan maupun bakteri yang terkandung di dalamnya. 

Pasalnya, tiram mentah—dan makanan mentah lainnya—rentan terkontaminasi virus dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Bakteri yang ada pada makanan mentah dapat menyebabkan gangguan saraf dan pencernaan.

Baca Juga: Awas! Ada Bahaya Mengintai Jika Konsumsi Fresh Oyster
Puluhan Anak SD Keracunan Massal Usai Santap Nasi Goreng Rp.2000 per Bungkus

Meskipun tiram dibudidayakan dan kemudian dihidangkan oleh juru masak profesional, tidak ada yang dapat menjamin bahwa oyster mentah aman dikonsumsi. Maka dari itu, agar lebih terjamin sehat dan aman adalah dengan memasaknya terlebih dahulu.

Cobalah untuk merebus tiram selama 5 sampai 10 menit, atau sampai cangkang tiram terbuka dengan sendirinya. Proses ini juga sekaligus membantu mengenali apakah tiram yang akan dikonsumsi tersebut cukup aman. Jika setelah 10 menit cangkang tiram tidak juga terbuka, dianjurkan untuk tidak memakan tiram tersebut, sebab hal ini bisa menjadi tanda bahwa tiram sudah tidak layak dikonsumsi. 

Video Terkait