Selain untuk Perhiasan, Ternyata Mutiara Miliki Manfaat yang Luar Biasa

Ilustrasi Mutiara Laut Selatan. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 18 Maret 2022 | 17:05 WIB

Sariagri - Selain dianggap sebagai permata berharga di zaman kerajaan kuno China, India dan Mesir. Mutiara juga sering digunakan dalam lotion perawatan kulit dan emulsi kecantikan oleh ratu mereka agar terlihat awet muda dan cantik.

Mutiara alami yang diperoleh dari cangkang tiram sarat dengan garam dan senyawa organik yang memiliki fitur pelindung dan penambah kulit.

Mutiara secara alami merupakan pembangkit tenaga mineral penting seperti kalsium, magnesium dan besi, serta elemen seperti selenium, tembaga dan, mangan yang memberikan karakteristik antioksidan untuk ekstrak batu permata berharga ini.

Selain itu, mutiara juga mengandung asam amino seperti histidin, arginin, tirosin, asam glutamat serta protein unik seperti protein sinyal dan conchiolin, yang berkontribusi terhadap kulit cantik dan bercahaya.

Manfaat mutiara sangat luas seperti meningkatkan kelenturan, regenerasi kolagen, penyembuhan jerawat, menghilangkan garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik dan perubahan warna, serta memperlambat penuaan.

Tidak mengherankan, mutiara digunakan secara luas saat ini dalam produk rias, krim kecantikan, dan rutinitas perawatan kulit.

Manfaat Luar Biasa Mutiara

Baca Juga: Selain untuk Perhiasan, Ternyata Mutiara Miliki Manfaat yang Luar Biasa
Biasa Jadi Gelang, Ternyata Akar Bahar Kaya Manfaat Medis Maupun Nonmedis



1. Meregenerasi Kulit

Mutiara mengandung cadangan kalsium karbonat dan magnesium karbonat yang melimpah, yang merupakan exfoliant alami. Pengelupasan sangat penting untuk menghilangkan kulit tua dan rusak, untuk memfasilitasi sintesis lapisan baru. Pembersih wajah yang mengandung ekstrak mutiara menyegarkan kulit, tidak meninggalkan residu kimia, menyembuhkan kemerahan dan melembabkan bagian yang kering.

2. Meringankan Jerawat

Protein sinyal yang ada dalam mutiara diberikan dengan sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang sangat berguna. Menggunakan masker wajah yang mengandung sari mutiara dapat mengecilkan jerawat besar, bisul dan kista di wajah, menghilangkan bekas luka dan juga mencegah timbulnya jerawat di daerah kulit yang bersih.

3. Menunda Penuaan

Mutiara, sebagai sumber yang kaya akan antioksidan dan asam amino esensial, sangat efektif dalam menunda penuaan kulit dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Mutiara memastikan pengurangan garis-garis halus dan kerutan, serta mengencangkan dan mengencangkan kulit yang kendur.

4. Mencerahkan Kulit

Deposit mineral dan asam amino yang secara alami ditemukan dalam mutiara dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dari matahari, serta secara efektif mengurangi noda, bekas luka dan bekas jerawat dan penuaan. Ekstrak mutiara, bila dimasukkan ke dalam pencuci muka dan deodoran berguna dalam meringankan bintik-bintik gelap dan mencerahkan kulit kusam.

5. Memberikan hidrasi

Protein yang disebut conchiolin banyak ditemukan dalam ekstrak mutiara. Protein ini berfungsi mirip dengan keratin, dengan mengubahnya menjadi kolagen (penting untuk elastisitas kulit) ketika diserap oleh sel-sel kulit. Oleh karena itu, produk perawatan kulit berbasis mutiara bermanfaat dalam mempertahankan kelembapan, meningkatkan metabolisme, menghidrasi secara intens area yang kasar dan dengan demikian memperbaiki kesehatan kulit. 

Video Terkait