Ini Saat yang Tepat Masukkan Daun Ketapang ke Akuarium

Ilustrasi ikan cupang. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Jumat, 25 Februari 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Daun ketapang biasanya dibutuhkan untuk kelangsungan hidup ikan cupang di akuarium.

Daun ini seringkali disebut sebagai daun ajaib untuk ikan cupang karena manfaat daun ketapang. Tak heran jika pemilik cupang sering memasukkan daun ini ke akuarium.

Melansir sejumlah sumber, manfaat daun ketapang seperti membuat ikan lebih sehat dan meningkatkan kualitas air. Selain itu, manfaat daun ketapang juga untuk kesehatan kulit ikan cupang dan sebagai lokasi bertelur.

Meski demikian, ada saat yang tepat untuk memasukkan daun ketapang ke akuarium.

1. Saat kualitas air memburuk

Waktu yang tepat memberi daun ketapang ke akuarium adalah saat kualitas air sudah tidak sesuai untuk ikan cupang. Tanin yang dilepaskan oleh daun ketapang membantu menciptakan kondisi air yang mirip habitat alami cupang.

2. Saat ikan sakit

Saat ikan cupang sakit adalah waku yang tepat untuk memberi daun ketapang ke akuarium. Satu atau dua daun ketapang di akuarium dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

3. Saat ikan kehabisan makanan

Baca Juga: Ini Saat yang Tepat Masukkan Daun Ketapang ke Akuarium
Artemia, Udang Kecil Kaya Nutrisi yang Digunakan sebagai Pakan Ikan



Daun ketapang bisa berfungsi sebagai makanan benih ikan. Maka itu, saat kehabisan makanan merupakan waktu yang tepat untuk memasukkan daun ketapang ke akuarium.

4. Saat ikan berkembang biak

Saat membiakkan cupang merupakan waktu yang tepat untuk memasukkan daun ketapang ke akuarium. Daun ketapang dapat membantu proses perkembangbiakan cupang.

Video Terkait