6 Manfaat Koleksi Ikan Cupang Hias, Tidak Hanya Redakan Stres

Ikan cupang.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 13 Februari 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Ikan cupang dikenal sebagai ikan petarung. Namun jangan salah selain untuk aduan, cupang juga bisa dikoleksi menjadi ikan hias. Warna beragam dan bentu ekornya yang indah membuat banyak orang menyukai ikan ini.

Ikan cupang merupakan ikan hias spesial atau biasa disebut ikan petarung. Menurut Krista Keller, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Pendidikan Hewan Universitas Illinois di Urbana mengatakan dalam merawat ikan cupang perlu memeperhatikan antara lain tempatnya, temperatur air, waktu makan dan perasaan ikan apakah kesepian atau tidak.

Berikut manfaat memelihara ikan cupang atau ikan hias:

Memberikan kesejukan

Membuat orang merasakan kesejukan saat melihatnya. Gerakan ikan hias di akuarium atau kolam membuat orang merasa berada di dalam air. Tidak heran jika ada orang yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melihat ikan cupang di akuarium.

Membersihkan pikiran dan menetralkan perasaan

Memelihara ikan cupang juga bisa menjernihkan pikiran dan menetralisir perasaan. Ini terkait dengan kesehatan mental. Jika merasa bosan atau stres, melihat ikan hias warna-warni yang sedang berenang di bisa meredakan.

Gerakan alami ikan yang mengalir dengan tenang akan mengendurkan saraf sehingga terasa damai, membenamkan hati dan pikiran menuju kebahagiaan dan menjadi obat stres yang manjur.

Memberi inspirasi dan ide

Melihat ikan hias berenang dengan tenang dapat menciptakan kedamaian. Momen seperti itu bisa memunculkan inspirasi dan ide yang memicu kreativitas dalam melakukan sesuatu.

Menambah hobi dan menghasilkan cuan

Memelihara ikan cupang juga menambah hobi baru bagi penggemarnya selain keuntungan bagi mereka yang menjadikannya sebagai usaha. Ikan cupang bisa dibudidayakan dan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: 6 Manfaat Koleksi Ikan Cupang Hias, Tidak Hanya Redakan Stres
Artemia, Udang Kecil Kaya Nutrisi yang Digunakan sebagai Pakan Ikan

Memperindah ruangan

Memelihara ikan cupang atau ikan hias lainnya di aquarium bisa menambah keindahan ruangan. Dengan aksesoris menarik dan lampu berwarna cerah membuat orang merasa berah berada di ruangan.

Turut melestarikan alam

Memelihara cupang dan ikan hias lainnya turut menjaga kelestarian alam. Di tengah maraknya eksploitasi laut dan ikan, memelihara ikan hias menjadi salah satu cara untuk membantu menjaga kelestarian alam.

Video:

Video Terkait