Mengenal Ovovivipar, Mulai dari Pengertian Sampai Contoh Hewannya

Ilustrasi bunglon. (pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 11 Februari 2022 | 10:15 WIB

Sariagri - Berkembang biak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Uniknya, setiap makhluk memiliki ciri berkembang biak yang berbeda. Tercatat ada tiga jenis atau cara perkembang biakan yang dialami oleh manusia dan hewan, diantaranya adalah ovovivipar, vivipar, dan ovipar.

Meski ketiganya memiliki arti dan ciri-ciri yang berbeda. Namun tujuan ketiganya tetap sama, yaitu menghasilkan keturunan. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga populasi dan eksistensi dari setiap makhluk hidup tersebut.

Pasalnya, jika tidak bisa berkembang biak dengan baik, maka populasi manusia atau hewan tersebut otomatis akan terancam dan mengalami kepunahan.

Pengertian dan contoh hewan ovovivipar

Pada dasarnya tidak ada ciri ciri khusus hewan ovovivipar. Hanya saja, yang menjadi pembeda kelompok hewan ini dengan jenis lainnya adalah pada proses pembuahannya.

Hewan ovovivipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan ovipar (bertelur) dan vivipar (beranak). Mereka juga sering disebut sebagai hewan bertelur – beranak. Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa mereka memang menggunakan kedua sistem reproduksi tersebut.

Beberapa contoh hewannya adalah sebagai berikut :

1. Ikan Hiu

Hewan laut yang menyeramkan ini berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Mereka dapat menyimpan telurnya di dalam tubuhnya, yang nantinya akan menetas dan hiu akan melahirkan anaknya saat pertumbuhan embiro sudah cukup untuk berkembang di luar tubuh induknya.

Embiro hiu diketahui tidak memiliki ari-ari. Sehingga membutuhkan cadangan makanan dari telur untuk menjaga pertumbuhannya.

2. Ikan Pari

Contoh selanjutnya ada ikan pari. Ikan pari adalah ikan air laut juga termasuk kelompok hewan ovovivipar.

Embrio ikan ini nantinya akan tumbuh dan berkembang di dalam telur dengan bantuan nutrisi yang terkandung didalamnya. Ketika embrio dirasa sudah cukup optimal, maka induk ikan pari kemudian akan melahirkannya.

3. Kuda Laut

Kuda laut memiliki sistem reproduksi yang cukup unik. Alasannya adalah yang nantinya akan mengandung embrionya, bukan kuda laut betina melainkan sang kuda laut jantan. Hal ini dikarenakan kuda laut jantan memiliki kantung yang berfungsi untuk menyimpan dan mengerami telur.

4. Ikan Guppy

Ikan guppy termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar. Tubuh mereka berukuran kecil dengan penampilan yang cantik dan menarik. Ikan ini diketahui berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak.

Mereka membutuhkan waktu 20-30 hari untuk mengandung dan melahirkan anak-anaknya. Saat waktunya tiba, ikan cantik ini dapat melahirkan 2 sampai 100 ekor anak ikan.

5. Platypus

Platypus adalah hewan semi akuatik yang umumnya ditemukan di Benua Australia. Hewan unik ini juga berkembang biak dengan cara bertelur.

Namun ada hal unik yang dimiliki hewan ini. Platypus memiliki kelenjar susu seperti mamalia yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Berkat keunikannya ini, hewan ini dikenal sebagai hewan peralihan dari evolusi yang terjadi di kelas burung ke mamalia.

6. Kadal

Hewan yang termasuk reptile ini diketahui menyimpan telur di dalam tubuhnya. Embrio mereka akan tumbuh dengan memanfaatkan kuning telur sebagai nutrisi.

Namun ketika embrio sudah berubah menjadi indvidu baru, maka induk kadal pun akan melahirkan anaknya.

7. Salamander

Seterusnya ada salamander. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Mereka memiliki penampilan mirip seperti kadal dengan tubuh yang ramping, ekor panjang, dan hidung pendek.

Hewan ini biasanya ditemukan di tempat berair atau daerah yang basah. Hal ini berkaitan dengan kulit mereka yang cukup lembab, sehingga membutuhkan lingkungan berair sebagai habitatnya.

8. Bunglon

Hewan ini terkenal bisa berubah warna menjadi lebih cerah atau gelap sesuai dengan lingkungannya. Selain itu, keunikan lainnya adalah mereka termasuk dalam contoh hewan ovovivipar, yang menyimpan telur dalam tubuh induk dan indukpun kemudian melahirkan bayinya.

9. Ular Kadut

Jika umumnya ular berkembang biak dengan cara bertelur, lain halnya dengan ular kadut. Ular iniga merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Mereka akan menetaskan anaknya dalam tubuh induk, dan melahirkan anaknya masih berwujud ular kecil.

Baca Juga: Mengenal Ovovivipar, Mulai dari Pengertian Sampai Contoh Hewannya
Fakta Paus Biru, Mamalia Terbesar Di Dunia yang Berada Diambang Kepunahan

10. Iguana

Terlihat sekilas iguna mirip dengan bunglon. Namun kedua reptil ini sebenarnya berbeda. Namun keduanya sama-sama berkembang biak dengan cara ovovivipar. Iguana memiliki kelebihan dari segi penglihatan.

Mereka bisa melihat bentuk, warna, bayangan, dan gerakan yang jaraknya cukup jauh. Mata iguana bukan digunakan untuk melihat saja, melainkan menjalan fungsinya untuk membantu menemukan makanan dan berkomunikasi dengan kelompoknya.

Video Terkait