Manfaat Kerang Hijau, Makanan Laut yang Digemari Banyak Orang

Kerang hijau (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 9 Februari 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Kerang dikenal sebagai salah satu makanan laut yang banyak digemari masyarakat. Beberapa jenis kerang yang sangat umum disajikan adalah kerang dara dan kerang hijau.

Keduanya memiliki rasa yang sangat lezat dan menggoyang lidah, apalagi jika dimasak bersama bumbu yang kaya rempah seperti kerang hijau saus padang. Selain itu makanan laut ini juga murah meriah namun tetap memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan.

Manfaat kerang hijau

Satu porsi kerang ini menyimpan segudang manfaat baik yang mampu meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mempertahankan sistem kekebalan tubuh

Kerang mengandung anti bakteri yang cukup baik dalam merangsang pengembangan antibodi yang membantu menangkal faktor-faktor berbahaya dalam tubuh, seperti melawan sel kanker, bakteri infeksi, dan radikal bebas.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya yaitu dapat meningkatkan proses penyembuhan dan tingkat energi.

Kerang hijau mengandung berbagai mineral yang memperkuat dinding arteri untuk memfasilitasi kesehatan jantung kita.

3. Mengatasi nyeri sendi

Kerang ini mengandung jumlah kalium yang tinggi. Fungsi kalium ini sendiri diyakini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegahnya dari risiko penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti radang sendi dan lainnya.

4. Menjaga kesehatan kulit

Terpapar radikal bebas dapat menghancurkan sel-sel dan jaringan kulit yang bisa menimbulkan gejala penuaan dini seperti keriput dini, garis-garis halus, dan kulit kendor.

Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi makanan ini untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Kerang hijau kaya akan senyawa dari kalium, protein, serta asam lemak omega 3 dan 6. Semua nutrisi ini sangat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dalam rentang waktu singkat.

6. Mencegah asma

Kerang ini memiliki sifat anti-inflamasi. Mengonsumsi kerang ini menunjukkan penurunan yang signifikan dalam gejala yang terkait dengan asma karena mereka membantu menangkal bakteri yang berkontribusi terhadap kondisi tersebut.


Bahaya kerang hijau

Namun selain memberi manfaat, mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Reaksi dari dampak buruk tersebut bisa berbeda-beda di setiap orang, tergantung dari ketahanan tubuh yang dimiliki. Adapun beberapa risiko yang bisa ditimbulkan itu adalah sebagai berikut :

1. Memicu penyakit berbahaya

Manusia membutuhkan vitamin B12 serta zat besi untuk menjaga daya tahan tubuh. Jumlah harus cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Namun jika jumlahnya berlebihan, maka sisanya tidak digunakan oleh tubuh sehingga akan terbuang. Bahkan bisa memicu risiko penyakit berbahaya seperti kerusakan hati hingga diabetes.

Jumlah zat besi yang berlebihan juga dapat memicu resiko meningkatnya penyakit Alzheimer.

2. Keracunan Makanan

Kekurangan hewan ini adalah adalah tidak memiliki kemampuan untuk memilih apa yang mereka serap, sehingga selain memiliki zat yang baik, kerang juga memiliki zat yang berbahaya, seperti ada merkuri, timah, timbal hingga krom.

Jika kerang tidak dibersihkan dengan benar, maka zat berbahaya tersebut akan tertelan dan menyebabkan keracunan. Jika sudah begitu, maka gejala-gejala pun akan muncul, diantara lain mual, muntah, sakit kepala berat hingga gatal-gatal.

3. Alergi

Pada umumnya alergi memang sering disebabkan oleh makanan laut seperti udang dan kepiting. Namun beberapa diantaranya juga bisa alergi yang disebabkan oleh mengonsumsi kerang.

Namun kebanyakan orang tidak menyadarinya, karena hanya dikira gatal-gatal biasa. Jika tidak segera ditangani, alergi ini bisa berbahaya bagi tubuh.

4. Kelebihan Vitamin

Dalam 100 gram kerang hijau mengandung protein, kalsium, zinc, aneka vitamin, karbohidrat dan kandungan gizi baik lainnya.

Baca Juga: Manfaat Kerang Hijau, Makanan Laut yang Digemari Banyak Orang
Siput Langka Raksasa Unik Terdampar di India, Dilelang Rp3,5 Juta

Namun apabila jumlah kandungan tersebut terlalu banyak, maka hal ini bisa membuat seseorang menjadi kelebihan vitamin dan menimbulkan gejala diare akut, gatal-gatal pada kulit hingga ruam pada bagian kulit tertentu.

Oleh karena itu, jika kamu menggemari makanan ini, tidak perlu khawatir. Kamu maish bisa mengonsumsinya, asalkan dalam porsi yang wajar. Pastikan juga kamu mengolahnya dengan cara yang benar.

Video Terkait