11 Jenis Ikan Hias Air Tawar, yang Punya Corak Unik dan Banyak Diburu

Ilustrasi Ikan Hias Peliharaan. (Unsplash)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 7 Februari 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Memelihara ikan hias air tawar di akuarium saat ini tengah menjadi tren dan gaya hidup masyarakat urban. Bagaimana tidak, pilihan ini bisa menjadi sarana untuk meluapkan hobi sekaligus mempercantik interior di dalam rumah.

Tidak sampai disitu saja, memelihara ikan hias ternyata juga memberi manfaat untuk menenangkan pikiran, sehingga orang-orang yang memeliharanya terhindar dari depresi dan penyakit stress.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Pada dasarnya, ikan hias bisa dipelihara di dalam kolam ikan atau di dalam akuarium. Biasanya yang menentukan dimama ia dipelihara adalah jenis dan ukuran dari ikan hias tersebut. Namun kebanyakan kini masyarakat memelihara di dalam akuarium, karena dianggap lebih estetik.

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang bisa jadi rekomendasi untuk dipelihara di dalam akuarium.

1. Ikan Koi

Ikan koi mulai berkembang di Jepang sejak 1920-an dan masih eksis hingga saat ini. Kini ia menjadi jenis ikan air tawar yang sangat populer dan banyak dipelihara di rumah-rumah. Ikan ini cukup mudah dipelihara namun juga mudah mati. Ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dengan ciri khas warna-warnanya yang cantik.

2. Ikan Cupang

Selanjutnya adalah ikan cupang hias. Ukurannya termasuk kecil sehingga pas dijadikan sebagai ikan hias aquarium. Di Indonesia, peminat ikan cupang sangat banyak, bahkan banyak perlombaan yang menampilkan keindahan dari ikan ini. Keunikan ikan ini juga dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air dengan menggunakan labirinnya.

3. Ikan Guppy

Awalnya, ikan guppy atau nama lainnya ikan seribu ini, berasal dari negara Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Kini penyebarannya hampir berada di seluruh dunia. Ia merupakan ikan kecil yang memiliki variasi warna. Ikan ini juga mudah dipelihara karena tidak membutuhkan alat-alat khusus untuk merawatnya.

4. Ikan Mas Koki

Ikan ini sebenarnya hampir sama dengan ikan koi. Semula ikan ini berasal dari China, dan kini ia banyak digemari oleh orang-orang sebagai hewan peliharaan. Ikan ini sangat cocok untuk dipelihara, karena termasuk ikan yang tidak mudah mati. Saat masih kecil, warna ikan mas koki ini biasanya hanya satu warna, yaitu warna abu-abu. Namun ketika beranjak dewasa, ikan ini akan berubah menjadi

5. Ikan Discus

Ikan discus dikenal sebagai the king of aquarium. Hal ini dikarenakan ia sangat banyak diminati oleh para pecinta ikan. Harganya pun cukup mahal dibandingkan dengan jenis lain. Ciri khasnya adalah memiliki badan yang lebar dengan warna atraktif.

6. Ikan Louhan

Pada tahun 2001-2002, ikan louhan sempat menjadi ikan hias air tawar yang sangat populer. Meski saat ini ketertarikannya berkurang, namun masih ada yang konsisten memelihara ikan ini. Ciri khas ikan ini terletak pada benjolan yang berada di bagian kepala ikan. Namun jika ingin memeliharnya, disarankan untuk tidak bisa dicampurkan dengan ikan lainnya karena bisa bertengkar.

7. Ikan Manfish

Selain the king of aquarium, ada juga the queen of aquarium. Julukan ini ditempati oleh ikan manfish. Ia memiliki penampilan fisik lebih khas dibandingkan ikan lainnya. Bentuk tubuh unik mirip dengan anak panah, anggun, lembut dan cantik.

8. Ikan Platy

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, yang memiliki banyak varietas-varietas seperti sunset, simpson, platy cagak, red coral, black tail, hawaii dan yang lainnya. Namun yang banyak dijual di pasaran adalah ikan platy cagak. Tubuhnya mungil dan memiliki sifat cinta damai. Selain itu ia juga cukup mudah beradaptasi dan kebal dari serangan penyakit.

9. Ikan Oscar

Ikan Oscar termasuk dalam jenis ikan yang cukup terkenal di kalangan para pecinta ikan. Ikan ini memiliki tubuh pipih ke samping dan sirip punggung yang lebar sampai hampir memenuhi bagian punggung ikan. Selain itu ia memiliki corak batik yang terlihat disekujur tubuhnya.

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Hias Air Tawar, yang Punya Corak Unik dan Banyak Diburu
Tidak Sulit Kok, Begini Cara Merawat Ikan Mas untuk Dipelihara

10. Ikan Lemon

Sesuai dengan namanya, ikan lemon tubuh berwarna kuning terang seperti buah lemon. Bentuknya sangat cantik, dengan perpaduan warna hitam pada ujung sirip atas. Jika ingin memeliharanya, sebaiknya jangan campurkan dengan ikan yang lain, sebab ikan lemon terkenal sebagai ikan yang cukup agresif.

11. Ikan gabus hias

Selanjutnya adalah ikan gabus hias. Ikan ini juga dikenal dengan nama Channa, snakehead, atau Toman. Mereka merupakan ikan predator air tawar yang banyak diburu sebagai ikan peliharaan, sebab memiliki corak tubuh yang ini. Bahkan untuk memeliharnya, para pecinta ikan ini bisa merogoh kocek yang dalam untuk mempunyai ikan gabus hias yang langka.

Video Terkait