Legislator Filipina Dorong Pembangunan Pembenihan Ikan Demi Atasi Ketahanan Pangan

Ilustrasi budi daya ikan. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Jumat, 28 Januari 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Senator Villar, yang memimpin Komite Senat untuk Pertanian, menekankan perlunya pembangunan penetasan dan pembenihan ikan di seluruh wilayah Filipina. Selain memperkuat ketahanan pangan, ia menilai sektor akuakultur memberi dampak signifikan bagi pendapatan negara dan membuka lapangan kerja.

Menurut laporan Manila Bulletin, ada 11 RUU DPR dan satu RUU di Senat yang berusaha membangun tempat pembenihan ikan. Filipina memproduksi sekitar 4,4 juta metrik ton makanan laut pada tahun 2020, dan lebih dari 50 persen dari volume tersebut berasal dari akuakultur.

Villar mengatakan bahwa beberapa tempat penetasan akan dibangun di seluruh negeri di pulau Dinagat, kota Calbayog, San Jose, Samar Utara, Basey, Samar dan kotamadya lainnya. Senator Villar menekankan bahwa kontribusi signifikan akuakultur terhadap ketahanan pangan, lapangan kerja, dan pendapatan devisa tidak boleh diabaikan. Menurutnya, tempat penetasan merupakan awal yang penting dalam rantai nilai ini dan harus diprioritaskan.

"Ikan adalah makanan pokok kedua negara setelah nasi. Rata-rata, setiap orang Filipina mengkonsumsi 98,6 gram ikan dan produk ikan setiap hari. Rata-rata orang Filipina memperoleh 22,5 persen dari asupan makanan tahunan mereka dari produk ikan, seperempat dari makanan harian mereka," ucap Villar.

Data saat ini menunjukkan bahwa produksi perikanan menurun karena penangkapan ikan yang berlebihan, penangkapan ikan ilegal dan perusakan habitat. Peningkatan pertumbuhan populasi dan permintaan ikan memberikan tekanan tambahan pada industri. Villar menjelaskan pembenihan ikan akan membantu mengatasi penangkapan ikan yang berlebihan dan berkurangnya tangkapan ikan.

Dalam sebuah audiensi publik  belum lama ini, dia mengatakan bahwa dengan membangun pembenihan laut multi spesies dapat memperkuat industri perikanan.

Fasilitas tersebut dapat memberikan penghasilan tambahan dan peluang bagi pekerja perikanan sekaligus menyediakan sumber makanan yang berkelanjutan, sehat, dan terjangkau bagi penduduk lainnya.Baca Juga: Legislator Filipina Dorong Pembangunan Pembenihan Ikan Demi Atasi Ketahanan Pangan
Artemia, Udang Kecil Kaya Nutrisi yang Digunakan sebagai Pakan Ikan



Mengutip The Fish Site, pembenihan akan semakin memperkuat pengembangan akuakultur Filipina dan meningkatkan produksi makanan laut dan lapangan kerja pesisir. Mereka juga dapat bertindak sebagai pusat penelitian untuk pemuliaan ikan, pertumbuhan dan pemijahan untuk ikan laut dan krustasea.

Villar menegaskan, setelah tiga tahun berdiri, fasilitas pembenihan akan diserahkan kepada unit pemerintah daerah untuk dikelola demi kepentingan konstituen mereka dan daerah sekitarnya.

Video terkini:

Video Terkait