Mengintip Sederet Manfaat Kerang bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi kerang (Pexels)

Editor: Dera - Jumat, 28 Januari 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Kerang merupakan salah satu makanan seafood yang dikenal gurih dan lezat. Adapun berbagai kerang yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah kerang hijau, kerang dara, kerang bambu, kerang simping, kerang batik, kerang bulu, kerang tiram, serta kerang kepah.

Namun tahukah Sobat Agri, hidangan laut ini tak hanya lezat untuk disantap loh, tapi juga bermanfaat bagi tubuh.

Ingin tahu apa saja manfaat kerang bagi kesehatan? yuk intip ulasannya. 

Kandungan zat besi yang tinggi

Kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi melebihi kadar zat besi dalam t-bone steak ataupun hati sapi. Sembilan kerang kecil yang disajikan itu memiliki kandungan total zat besi sebesar 24 miligram. Jumlah ini jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kadar kebutuhan zat besi dalam tubuh orang dewasa.

Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya sangat tinggi. Tiap 100 gram kerang memiliki kandungan omega-3 hingga 140 miligram. Sebuah penelitan mengenai jantung menyebutkan bahwa kesehatan jantung akan optimal ketika tubuh mengonsumsi omega-3 antara 250 hingga 500 miligram per hari.

Oleh karena itu, penelitian tersebut dapat kita simpulkan bahwa mengonsumsi kerang sesekali dapat menjadi alternatif makanan yang dikonsumsi sebagai pengganti tablet minyak ikan.

Baca Juga: Mengintip Sederet Manfaat Kerang bagi Kesehatan Tubuh
Ini Cara Mengeluarkan Tulang Ikan dari Tenggorokan

Lebih baik dari konsumsi ayam

Protein dalam kerang sangat baik bagi tubuh. Hanya dengan tiga ons sajian kerang setara dengan 20 gram protein dan kurang dari dua gram lemak. Kerang mengandung banyak vitamin mineral daripada ayam yang biasa dikonsumsi. Oleh karena itu, manfaat kerang sangat baik bagi yang sedang berdiet, hidangan laut ini bisa menjadi alternatif asupan makanan yang bisa kalian coba.

Kolesterol baik

Kerang mengandung jumlah kolesterol baik. Rendahnya kadar lemak berfungsi penting dalam menjaga kolesterol darah.

Namun perlu diingat juga yah Sobat Agri, jangan mengonsumsinya secara berlebihan agar kamu bisa mendapatkan manfaat kerang secara optimal. 

Video Terkait