Ikan Bandeng, Sumber Omega 3 Terbesar yang Punya Banyak Duri Kecil

Ilustrasi Ikan Bandeng (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 27 Januari 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Ikan bandeng adalah ikan yang terkenal dengan duri yang tipis dan kecil-kecil. Meski begitu, ia menjadi salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Hal ini karena rasanya sangat nikmat dan gurih.

Selain itu ikan dengan nama ilmiah Chanos chanos ini, juga kaya akan protein dan gizi tinggi. Ditambah lagi harganya juga bisa dibilang cukup terjangkau. Tak heran jika ikan ini sering diolah menjadi berbagai macam menu seperti digoreng, dibakar, dikukus, dipindang, dipresto, diasap.

Di Indonesia, ikan ini memiliki julukan lain seperti ikan bolu dalam bahasa Bugis dan Makassar. Sementara, dalam bahasa Inggris, bandeng dikenal dengan nama milkfish.

Ciri-ciri ikan bandeng

Ikan ini memiliki tubuh berbentuk torpedo, dimana seluruh permukaan tubuhnya tertutup oleh sisik. Di bagian tengah tubuhnya terdapat garis memanjang. Pada sirip dada dan sirip perut juga dilengkapi dengan sisik 6 tambahan yang besar, sirip anus menghadap kebelakang. Selaput bening menutupi mata, mulutnya kecil dan tidak bergigi, terletak pada bagian depan kepala dan simetris.

Ikan bandeng memiliki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Bandeng jantan dapat dicirikan dari lubang anus yang hanya terdapat dua buah dan ukuran badan agak kecil, sedangkan bandeng betina memiliki lubang anus berjumlah tiga buah dan ukuran badan lebih besar. Pada ikan bandeng jantan sisipnya juga kelihatan lebih cerah dari betinanya.

Habitat ikan bandeng

Pada dasarnya ikan ini hidup di laut lepas. Mereka juga menyandang predikan ikan penjelajah yang tangguh dan mampu berenang sampai ratusan kilometer, mulai dari Samudra Hindia sampai Samudra Pasifik. Mereka senang bergerombol di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan koral. Penyebarannya sangat luas, bahkan hampir setiap pantai di Indonesia terdapat benih bandeng, meliputi daerah-daerah pantai di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali serta Pulau Buru. Namun, kini ikan ini sudah banyak dibudidayakan sebagai ikan air tawar dan air payau.

Manfaat bandeng untuk kesehatan

Nama ikan bandeng memang tidak sepopuler ikan salmon dan tuna. Namun kenyataannya ikan ini mengandung omega-3 (EPA dan DHA) lebih banyak dibanding kedua ikan tersebut. Selain itu, ikan ini juga menjadi sumber protein terbaik. Beberapa vitamin yang terkandung di dalam ikan ini seperti vitamin A, B1, dan B12. Semua kandungannya itu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Mencerdaskan otak

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ikan ini maka ikan ini kebutuhan asam lemak omega-3 dapat terpenuhi, sehingga mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Tercukupinya anak dipercaya dapat memberikan efek yang baik untuk tumbuh kembang otak dan kecerdasannya.

2. Mengoptimalkan kinerja saraf

Vitamin B1 atau tiamin, adalah vitamin yang berperan penting dalam menjaga fungsi sistem saraf untuk mencerna karbohidrat, dan melancarkan pencernaan. Jika kekurangan vitamin ini maka dapat mengakibatkan gangguan saraf pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Sumber kalsium bukan hanya dari susu dan produk turunannya saja, melainkan dari makan lain seperti bandeng. Ikan ini mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor. Semua kandungan itu sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Ikan ini mengandung antioksidan dan kolagen yang terbukti bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu maka daya tahan tubuh pun menjadi lebih meningkat.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Penyakit kolesteroli tidak hanya dialami orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Untuk mengatasi dan mencegahnya salah satunya bisa dengan mengonsumsi ikan bandeng. Kandungannya dapat mengendalikan kadar kolesterol dan lemak dalam darah.

Baca Juga: Ikan Bandeng, Sumber Omega 3 Terbesar yang Punya Banyak Duri Kecil
Prospek Menjanjikan Budidaya Bandeng di Jepara

6. Mencegah anemia

Ikan ini memiliki kandungan vitamin B12, zat besi dan asam folat yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika sel darah merah dapat tercukupi maka tubuh akan terhindar dari anemia dan kekurangan darah.

7. Menyehatkan jantung

Lemak baik yang dimiliki bandeng berfungsi dalam menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam darah. Hal ini tentu berpengaruh pada kesehatan jantung, stroke dan penyakit serius lainnya.

8. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A, serta nutrisi lain seperti vitamin B, lutein, dan omega-3 juga memberi manfaat untuk kesehatan mata.

Video Terkait